View Full Version
Sabtu, 24 Aug 2019

Pakistan Kembali Minta PBB Intervensi Kasus Kashmir

KARACHI (voa-islam.com) - Pakistan pada hari Jumat kemarin mengirim surat lain kepada Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (UNHCHR), menuntut intervensi untuk mengakhiri "krisis kemanusiaan" di Jammu dan Kashmir yang dikelola India.

"Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi dalam sebuah surat menyoroti secara rinci konteks dan konsekuensi dari India membatalkan status khusus untuk Jammu dan Kashmir pada 5 Agustus," kata Kantor Luar Negeri Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Menyatakan keprihatinan pada intensifikasi dalam penderitaan manusia, pelanggaran lebih lanjut dari hak-hak dasar orang-orang Kashmir, surat Qureshi menegaskan bahwa tindakan India merupakan pelanggaran Piagam PBB, resolusi Dewan Keamanan yang relevan, hukum internasional dan komitmen serius bagi India sendiri.

"Menteri Luar Negeri telah menggarisbawahi keharusan bagi masyarakat dunia, termasuk PBB, untuk menyerukan India membatalkan tindakan sepihaknya, mencabut jam malam dan tindakan kejam lainnya dan mengembalikan hak-hak dasar rakyat Kashmir," pernyataan itu menambahkan.

Sebelumnya pada 4 Agustus, Qureshi telah menulis surat kepada UNHCHR Michelle Bachelet dan juga mengadakan percakapan telepon dengannya pada 8 Agustus tentang masalah Kashmir, kata Kantor Luar Negeri.

Surat itu juga dibagikan kepada anggota Dewan Keamanan PBB dan Majelis Umum PBB.[anadolu/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version