View Full Version
Senin, 02 Sep 2019

Inggris Pertimbangkan Kirim Drone untuk Bantu Kawal Kapal Tanker Lewati Selat Hormuz

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Menurut Sky News, Inggris sedang mempertimbangkan pengiriman drone untuk membantu kapal perang Angkatan Laut Kerajaan mengawal tanker berbendera Inggris melalui Selat Hormuz.

Komodor Dean Bassett juga mengatakan kepada kantor berita bahwa Iran merupakan ancaman langsung terhadap kapal-kapal dagang Inggris dan mengatakan ia tidak akan mengesampingkan penggunaan kekuatan militer jika perlu.

Pada pertengahan Agustus, Inggris bergabung dengan koalisi Teluk yang diusulkan AS terhadap dugaan ancaman Iran di wilayah tersebut, dibentuk setelah Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC) menangkap sebuah kapal tanker minyak berbendera Inggris bernama Stena Impero, yang dituduh telah melanggar aturan maritim dengan merusak sebuah kapal Iran dan berusaha melarikan diri dari pihak berwenang.

Sebelum insiden itu, pihak berwenang di Gibraltar, didukung oleh Marinir Inggris, menangkap kapal tanker Iran Grace 1 atas dugaan pelanggaran sanksi Uni Eropa, yang diklaim Teheran sebagai tindakan pembajakan. Kapal itu dirilis kemudian pada bulan Agustus dan saat ini sedang berlayar dengan nama baru, Adrian Darya. (st/sptnk)


latestnews

View Full Version