View Full Version
Selasa, 03 Sep 2019

Pasukan Pemerintah Rebut Kota Azan di Shabwa dari Separatis Selatan Yaman

SHABWA, YAMAN (voa-islam.com) - Pasukan pemerintah Yaman merebut kembali kota Azan di provinsi Shabwa selatan pada hari Senin (2/9/2019), tak lama setelah dikuasai oleh separatis, lapor Anadolu Agency.

Kota itu diambil alih pada Senin pagi oleh para pejuang yang bersekutu dengan Dewan Transisi Selatan (STC) sebelum pasukan yang dikirim oleh pemerintah merebutnya kembali di tengah bentrokan, kata sumber-sumber lokal.

Korban dilaporkan di antara pasukan STC, yang didukung oleh Uni Emirat Arab (UEA).

Ketegangan meningkat antara pemerintah Yaman dan TSC dalam beberapa hari terakhir setelah separatis merebut kendali atas sebagian besar kota Aden di selatan, pusat pemerintahan saat ini.

Yaman tetap dilanda kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran menguasai sebagian besar negara berpenduduk mayoritas Sunni tersebut, termasuk ibu kota Sanaa.

Konflik meningkat pada tahun berikutnya ketika Arab Saudi dan sekutunya Sunni-Arab meluncurkan kampanye udara besar-besaran yang bertujuan membalikan  keuntungan pemberontak Syi'ah Houtsi di Yaman dan mendukung pemerintah pro-Saudi di negara itu. (st/MeMo)


latestnews

View Full Version