View Full Version
Kamis, 05 Sep 2019

Putra Mantan Presiden Mursi Dilaporkan Meninggal Karena Serangan Jantung

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Putra bungsu dari mantan presiden Mesir Muhammad Mursi meninggal pada hari Rabu (5/9/2019) karena dilaporkan terkena serangan jantung, seorang pengacara keluarga mengatakan kepada Reuters.

Abdullah Mursi, 24, mulai merasakan kejang saat mengemudi di Kairo dan meninggal tak lama setelah itu, kata saudaranya Ahmed.

Kematian mendadak Abdullah terjadi setelah ayahnya, yang pingsan saat diadili di Kairo pada Juni. Setelah kematian ayahnya, Abdullah menuduh beberapa pejabat tinggi Mesir, termasuk Menteri Dalam Negeri Mahmoud Tawfiq, Majdi Abdel Ghaffar dan hakim Mohamed Shereen Fahmy sebagai "kaki tangan" dalam "pembunuhan" Mursi.

Muhammad Mursi, 67, terpilih sebagai presiden pada 2012 dalam pemilihan umum bebas pertama di negara itu setelah pemecatan otokrat lama Hosni Mubarak pada 2011.

Kudeta militer menggulingkan Mursi pada 2013 setelah protes besar-besaran. Militer, yang dipimpin oleh menteri pertahanan saat itu Abdel Fattah al-Sisi, menghancurkan Ikhwanul Muslimin dalam tindakan keras dan menangkap Mursi dan banyak pemimpin kelompok itu.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia mengatakan pemerintah Mesir menahan Mursi dalam kondisi tidak manusiawi di penjara dan melarang perawatan diabetes yang dia derita.

Mantan presiden itu ditahan di sel isolasi selama sebagian besar dari enam tahun di penjara, yang berarti penyiksaan di bawah standar internasional. (st/TNA)


latestnews

View Full Version