View Full Version
Kamis, 19 Sep 2019

India Klaim Sudah Mencabut 93% Pembatasan di Kashmir

NEW DELHI (voa-islam.com) - India mengatakan bahwa mereka mencabut pembatasan pergerakan di sebagian besar Jammu Kashmir dan Ladakh.

"Lebih dari 93 persen negara bagian dan 90 persen lembah sekarang tanpa batasan atau perintah larangan," kata pemerintah Jammu dan Kashmir dalam pernyataan hari Rabu kemarin.

Mayoritas Jammu dan Kashmir bebas untuk setiap gerakan dan dapat diakses oleh orang luar, termasuk wartawan, kecuali 12 kantor polisi di distrik Srinagar dan lima di tempat lain, pernyataan itu menambahkan.

"Ada total 192 insiden hukum dan ketertiban dilaporkan sejak 5 Agustus," kata pernyataan itu, dengan 165 di antaranya dilaporkan di Srinagar.

Setidaknya 100 orang terluka dalam insiden termasuk, termasuk lebih dari 50 personel keamanan.

Meskipun lima kematian telah dilaporkan sejauh ini, pernyataan itu menegaskan bahwa "hanya satu dari mereka telah dikaitkan dengan gangguan hukum dan ketertiban."

Jammu dan Kashmir berada di bawah blokade pembatasan sejak 5 Agustus lalu, setelah India membatalkan status khusus karena pemerintah telah memblokir akses komunikasi dan memberlakukan pembatasan untuk menggagalkan setiap protes di wilayah tersebut.

Dengan langkah baru ini, pemerintah India lebih lanjut menurunkan dan membagi wilayah yang disengketakan menjadi dua "wilayah persatuan" yang dikendalikan secara terpusat atau UT.

Beberapa kelompok hak asasi manusia termasuk Human Rights Watch dan Amnesty International telah berulang kali meminta India untuk mencabut pembatasan dan membebaskan tahanan politik.[anadolu/fq/voa-islam.com]


latestnews

View Full Version