View Full Version
Sabtu, 21 Sep 2019

Aparat Keamanan Mesir Tangkap Ratusan Orang Setelah Demonstrasi Menuntut Pemecatan Al-Sisi

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Ratusan pengunjuk rasa ditangkap pada hari Jum'at (20/9/2019) di Kairo dan kota-kota Mesir lainnya, setelah demonstrasi meletus di sejumlah kota di seluruh negeri, menyerukan agar Presiden Abdel Fattah al-Sisi dipecat.

Ratusan orang bergabung dengan demonstrasi malam hari di sekitar Tahrir Square - pusat revolusi 2011 yang menggulingkan pemimpin otokratis lama negara itu.

Di tengah kehadiran keamanan yang ketat, termasuk polisi anti huru hara dan polisi berpakaian preman, para demonstran ditangkap.

"Jumlah mereka yang ditangkap di sejumlah demonstrasi di Kairo adalah antara 400-500," pengacara Amr Imam, yang adalah seorang saksi mata, mengatakan kepada situs Arab New Arab.

Kelompok hak-hak sipil Komisi Hak Asasi Manusia dan Kebebasan Mesir juga membenarkan bahwa belasan orang ditangkap di ibu kota.

Kelompok itu, yang mendokumentasikan penangkapan sewenang-wenang dan penghilangan paksa di Mesir, mendesak pengunjuk rasa untuk menghubungi mereka jika mereka menyaksikan penangkapan.

Pasukan rezim juga melakukan penangkapan di sejumlah kota yang menyaksikan protes, termasuk Alexandria, Al-Mahalla dan Suez, sumber mengatakan kepada The New Arab.

Demonstrasi jarang terjadi setelah Mesir secara efektif melarang protes di bawah undang-undang yang disahkan setelah penggulingan mantan presiden Islamis Muhammad Mursi oleh militer pada 2013.

Di bawah pemerintahan Jenderal yang berubah menjadi presiden, yang memimpin penggulingan Mursi, pihak berwenang telah melancarkan penumpasan luas terhadap para pembangkang, memenjarakan puluhan ribu aktivis Islam serta aktivis sekuler dan blogger populer.

Cuplikan dari demonstrasi, di mana puluhan melantunkan nyanyian "Tinggalkan Sisi", dibagikan secara online menggunakan tagar #Tahrir_Square, yang menjadi tren di seluruh dunia.

Protes datang di belakang Mohamed Ali, seorang pengusaha Mesir yang diasingkan, menuntut penggulingan Sisi.

Kontraktor konstruksi itu telah memposting video viral dari Spanyol sejak awal September yang menuduh Sisi dan militer melakukan korupsi yang merajalela.

Sisi tidak mau mengakui tuduhan pekan lalu di sebuah konferensi pemuda yang meyakinkan orang Mesir bahwa dia "jujur ​​dan setia" kepada rakyat dan militernya.

Dalam video terbarunya yang diposting pada Jum'at pagi di akun media sosialnya yang berkembang, Ali mendesak orang Mesir untuk turun ke jalan-jalan setelah pertandingan sepak bola yang sangat dinanti-nantikan antara kekuatan besar Kairo Al Ahly dan Zamalek di Piala Super.

Video yang dibagikan secara luas secara online juga menunjukkan protes yang tersebar dalam jumlah yang bervariasi di Alexandria, Al-Mahalla, Damietta dan Suez. (st/TNA)


latestnews

View Full Version