View Full Version
Ahad, 22 Sep 2019

Komandan AS Bersikeras Pejuang IS Bersembunyi di Antara Para Korban Pembantaian di Nangarhar

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Seorang komandan senior militer AS di Afghanistan telah berusaha untuk membenarkan pembantaian terhadap warga sipil Afghanistan dalam pemboman pesawat tak berawak Amerika baru-baru ini di provinsi Nangarhar timur negara itu, bersikeras bahwa para pejuang Islamic State (IS) bersembunyi di antara para petani yang tewas dalam serangan itu.

Mengutip klaim pejabat AS yang tidak disebutkan namanya di Afghanistan, Reuters melaporkan pada hari Sabtu (21/9/2019) bahwa serangan pesawat tak berawak mematikan itu dilakukan "semata-mata untuk menargetkan" pejuang IS di daerah hutan lebat di distrik Wazir Tangi provinsi yang tidak dihuni oleh penduduk setempat.

"Ada ISIL (militan) di sana, tetapi tampaknya selama musim panen penduduk setempat membuat kesepakatan dengan pejuang IS untuk bertindak sebagai pemanen," kata laporan itu, mengutip klaim "seorang pejabat senior AS yang mengetahui rahasia operasi anti-terorisme yang dilakukan oleh Pasukan Amerika di Afghanistan. "

"Kami tidak mengetahui rahasia 'perjanjian' ini yang menempatkan mereka (pejuang IS ) di antara pemanen lainnya," pejabat Amerika itu selanjutnya mengklaim, menambahkan: "Kami sedang mengerjakannya sekarang dengan para pejabat."

Serangan pesawat tak berawak AS pada Rabu malam menewaskan sedikitnya 32 pekerja pertanian dan anak-anak saat mereka beristirahat di tenda setelah seharian bekerja di ladang kacang pinus di daerah pegunungan, kata pejabat setempat, menambahkan bahwa serangan bom juga melukai 40 lainnya.

Pemilik ladang mengatakan setidaknya 150 pekerja sedang beristirahat ketika serangan itu terjadi, mencatat bahwa banyak dari mereka masih hilang.

Serangan pesawat tak berawak Amerika lebih lanjut membuat marah penduduk lokal di Nangarhar, yang melakukan protes terhadap pasukan asing dan lokal yang dipimpin AS dan menuntut Washington untuk meminta maaf dan membayar kompensasi kepada keluarga para korban.

Selain itu, para pejabat senior Afghanistan di Kabul juga menyatakan bahwa penyelidikan sedang dilakukan untuk menilai kegagalan intelijen sebelum merencanakan serangan pesawat tak berawak mematikan, menunjukkan upaya bersama dengan pasukan militer Amerika yang dikerahkan ke negara itu.

Ini sementara Presiden Afghanistan Ashraf Ghani berjanji untuk menegakkan langkah-langkah untuk mencegah korban sipil dalam perang melawan jihadis selama kampanye kampanye pemilihan di Jalalabad, ibukota provinsi Nangarhar.

Hampir 14.000 tentara AS tetap berada di Afghanistan, untuk melatih dan menasihati pasukan keamanan Afghanistan dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi pejuang Taliban dan Islamic State.

Serangan pesawat tak berawak AS terbaru menyusul serangan mematikan lainnya oleh pejuang Taliban, yang menewaskan sedikitnya 20 orang di provinsi Zabul, Afghanistan selatan.

Taliban telah menewaskan ratusan petugas keamanan Afghanistan dalam bentrokan yang mengikuti runtuhnya pembicaraan damai AS-Taliban bulan ini.

Mereka berjanji untuk membuat presiden AS menyesali keputusannya yang secara tiba-tiba membatalkan pembicaraan yang seharusnya bertujuan mengakhiri perang Amerika yang paling lama berjalan dalam sejarahnya. (st/ptv)


latestnews

View Full Version