View Full Version
Jum'at, 04 Oct 2019

Makin Banyak Anggota Keluarga Kerajaan dan Elit Bisnis Saudi yang Frustasi atas Kepemimpinan MBS

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Semakin banyak anggota keluarga kerajaan dan para elit bisnis Saudi menyatakan frustrasi atas kepemimpinan Putra Mahkota Mohammed Bin Salman (MBS), setelah serangan yang merusak dan menghabiskan biaya mahal pada fasilitas minyak Aramco kerajaan bulan lalu.

Menurut Reuters, seorang diplomat asing senior dan lima sumber yang memiliki ikatan dengan para bangsawan dan pemimpin bisnis mengungkapkan klaim itu secara anonim.

Tampaknya ada beberapa alasan untuk ketidakpuasan tersebut, termasuk pengetatan cengkeraman putra mahkota pada kekuasaan dan sikapnya yang terlalu konfrontatif dengan kekuatan regional Iran.

Tetapi serangan udara terhadap fasilitas minyak Abqaiq dan Khura mengurangi separuh kapasitas produksi Riyadh melalui hilangnya 5,7 juta barel per hari - setara dengan lima persen pasokan global - dan merupakan serangan paling dahsyat di kerajaan itu hingga saat ini.

"Ada banyak kebencian," kata salah satu sumber. "Bagaimana mereka tidak dapat mendeteksi serangan itu?"

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa para elit Saudi "tidak percaya" pada kemampuan putra mahkota untuk mempertahankan eksportir minyak terkemuka. Yang lain menggemakan sentimen ini.

Mohammed Bin Salman terkenal dalam gerakan anti-korupsi 2017 yang belum pernah terjadi sebelumnya, dipuji secara luas sebagai penggeledahan, yang melibatkan penangkapan dan penahanan para pangeran, pengusaha, perwira militer dan pejabat yang ditahan di hotel Ritz-Carlton, dengan tuduhan penyiksaan dilakukan. Kerajaan dikatakan telah menjaring $ 106,6 miliar.

Selain memprakarsai intervensi militer di Yaman, Mohammed Bin Salman telah menghadapi cemoohan internasional atas eksekusi di luar hukum terhadap kritikus dan jurnalis Saudi Jamal Khasoggi tahun lalu di konsulat Saudi di Istanbul, dengan putra mahkota yang berusaha membebaskan dirinya dari pembunuhan, sementara mengakui hal itu terjadi di bawah pengawasannya. (MeMo)


latestnews

View Full Version