View Full Version
Ahad, 06 Oct 2019

Laporan: Turki Kirim Pasukan Militer ke Perbatasannya dengan Suriah

SURIAH UTARA (voa-islam.com) - Sembilan truk dimuat dengan kendaraan lapis baja dan satu bus yang membawa personil militer telah dikirim ke distrik perbatasan Akcakale, yang terletak di provinsi tenggara Sanliurfa, kata kantor berita milik pemerintah Turki Anadolu Agency, Sabtu (5/10/2019) malam.

Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan negaranya akan melakukan operasi militer darat dan udara di timur laut Suriah timur Eufrat.

Konvoi itu dikirim untuk memperkuat unit militer berdasarkan perbatasan Suriah, kata Anadolu.

Operasi udara dan darat di timur sungai Efrat di Suriah dapat dimulai kapan saja, kata Erdogan Sabtu pagi setelah menuduh Washington tidak melakukan cukup banyak upaya untuk mengusir pejuang Komunis Kurdi Suriah dari perbatasannya.

Pengumumannya memicu reaksi dari para militan Kurdi. Mereka telah memperingatkan perang habis-habisan dalam menanggapi serangan Turki yang akan terjadi.

Sekutu NATO Ankara dan Washington pada Agustus sepakat untuk mendirikan zona di timur laut Suriah di sepanjang perbatasan, tetapi Turki menuduh Amerika Serikat, yang membantu YPG mengalahkan pejuang Islamic State di Suriah, bergerak terlalu lambat untuk menciptakan zona itu. Mereka berselisih tentang seberapa jauh itu harus meluas ke Suriah dan siapa yang harus mengendalikannya. (ptv)


latestnews

View Full Version