View Full Version
Selasa, 08 Oct 2019

Militer Turki Mulai Bombardir Kelompok Teroris YPG di Kota Al-Malikiyah di Suriah Utara

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Militer Turki telah mulai menembaki kelompok teroris yang terkait dengan PKK di kota al-Malikiyah di Suriah utara, sumber lokal melaporkan Senin (7/10/2019) malam.

Menurut sumber, artileri Turki menembakkan posisi Unit Perlindungan Rakyat (YPG) di pedesaan kota perbatasan Malikiyah antara Turki dan Suriah di utara Hasakah.

Langkah itu dilakukan beberapa jam setelah Presidensi Turki mengajukan mosi ke Parlemen untuk memperluas otoritas negara untuk meluncurkan operasi militer lintas-perbatasan di Irak utara dan Suriah selama satu tahun lagi.

Mosi tersebut, yang diajukan oleh pemerintah Presiden Recep Tayyip Erdoğan, sebelumnya telah mengizinkan militer Turki untuk melakukan operasi lintas batas dari 30 Oktober 2018 hingga 30 Oktober 2019.

Washington membuka jalan bagi operasi Turki yang telah lama direncanakan ke wilayah timur Efrat terhadap kelompok teror YPG setelah Gedung Putih mengatakan hari Ahad bahwa militer AS akan menarik diri dari Suriah utara.

Pernyataan itu mengikuti panggilan telepon antara Erdogan dan rekannya dari AS Donald Trump, di mana pertemuan November direncanakan, menurut sumber-sumber kepresidenan Turki.

Presiden Erdogan membenarkan Senin bahwa penarikan pasukan AS dari Suriah utara telah dimulai, dan operasi melawan YPG sudah dekat sebelum keberangkatannya ke Serbia.

Turki telah lama mengecam ancaman dari teroris di sebelah timur Efrat di Suriah utara, berjanji akan melakukan aksi militer untuk mencegah pembentukan "koridor teroris" di sana.

Sejak 2016, Turki telah melakukan dua operasi militer besar di Suriah barat laut - Operasi Perisai Efrat dan Cabang Zaitun - untuk membersihkan wilayah itu dari kelompok YPG yang merupakan cabang Suriah dari organisasi teroris PKK dan Islamic State. (TDS)


latestnews

View Full Version