View Full Version
Selasa, 08 Oct 2019

Pejabat NDS Konfirmasi Pemimpin AQIS Gugur dalam Serangan Gabungan AS-Afghanistan

KABUL, AFGHANISTAN (voa-islam.com) - Pemimpin cabang Al-Qaidah Asia Selatan gugur dalam serangan bersama pasukan AS-Afghanistan di Afghanistan selatan bulan lalu, pejabat Afghanistan mengkonfirmasi Selasa (8/10/2019).

Asim Umar, yang memimpin Al-Qaidah di anak benua India (AQIS) sejak awal tahun 2014, terbunuh dalam serangan 23 September di kompleks Taliban di distrik Musa Qala di provinsi Helmand.

Direktorat Keamanan Nasional Afghanistan mengatakan Umar adalah warga negara Pakistan, meskipun beberapa laporan mengklaim dia lahir di India.

Dia "dibunuh bersama dengan enam anggota AQIS lainnya, kebanyakan dari mereka adalah orang Pakistan", klaim NDS di Twitter, menambahkan bahwa Umar telah "ditanam" dengan Taliban.

Serangan itu merupakan bagian dari operasi semalam yang panjang dan membingungkan dari 22-23 September di mana AS memberikan dukungan udara.

Pihak berwenang mengatakan mereka akan menyelidiki laporan bahwa 40 warga sipil, termasuk anak-anak, tewas dalam serangan udara selama operasi.

NDS mengatakan bahwa di antara enam anggota AQIS lainnya yang tewas dalam serangan itu adalah seorang pria yang diidentifikasi sebagai "Raihan", seorang kurir untuk pemimpin Al-Qaidah Syaikh Ayman al-Zawahiri. (CNA)


latestnews

View Full Version