View Full Version
Rabu, 16 Oct 2019

Anggota IS Asal Prancis Ungkap Bagaimana YPG Membebaskan Mereka dari Tahanan

PARIS, PRANCIS (voa-islam.com) - Sepuluh warga negara Prancis, semua anggota kelompok Islamic State (IS) dan 25 anak-anak mereka, telah dibebaskan oleh sayap organisasi teroris PKK cabang Suriah, Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), surat kabar Prancis Le Parisien melaporkan pada hari Selasa (14/10/2019), mengutip mereka.

Ke sepuluh orang itu ditahan di sebuah penjara di Ayn Al-Issa, 50 km utara dari bekas ibukota kelompok Islamic State, Raqqa, dibebaskan oleh teroris YPG / PKK, menurut surat kabar itu.

Sepuluh wanita Prancis, baik istri atau saudara perempuan dari pejuang Islamic State dan 25 anak-anak mereka dikeluarkan dari kamp pada 13 Oktober, empat hari dalam operasi anti-teror Turki terhadap wilayah-wilayah Suriah yang diduduki YPG.

"Seperti yang lain, kesepuluh wanita Prancis itu pergi dengan tergesa-gesa dengan anak-anak mereka," kata surat kabar itu dalam tulisannya.

Mengutip salah satu wanita anggota Islamic State yang mencapai koran melalui media sosial, Le Parisien mengatakan bahwa YPG mengatakan kepada mereka untuk "pergi, lari."

"Tiba-tiba, Kurdi memberi tahu kami," Pergi, lari! " Kami tidak mengerti apa-apa, "kata seorang anggota IS kepada surat kabar itu. "Mereka membuka pintu untuk kita, lalu mereka membakar tenda tempat kita tinggal."

Penulis artikel tersebut, wartawan Le Parisien Edith Bouvier dan Céline Martelet, kemudian mempertanyakan kemungkinan bahwa lebih banyak anggota Islamic State yang mungkin dibebaskan oleh militan YPG.

"Apakah skenario yang sama kemungkinan terjadi lagi ketika pertempuran mendekati area ini?" penulis bertanya, mengatakan bahwa mereka menghubungi Kementerian Luar Negeri Perancis tentang masalah ini. Menurut mereka, kementerian hanya mengatakan mereka "sangat hati-hati memantau situasi di lapangan."

Presiden Recep Tayyip Erdogan juga sebelumnya mengatakan bahwa laporan tahanan IS yang melarikan diri adalah informasi yang salah yang dimaksudkan untuk memprovokasi Amerika Serikat dan Barat. Seperti laporan Le Parisien, situasinya membuktikan sebaliknya, mengungkapkan bahwa YPG telah membebaskan setidaknya 10 wanita anggota IS asal Prancis dan anak-anak mereka dengan sengaja.

YPG yang berafiliasi dengan PKK telah mencoba menggunakan pejuang Islamic State yang ditangkap sebagai alat tawar-menawar, berharap untuk memprovokasi Barat terhadap Turki dengan mengeluarkan pernyataan palsu, mengatakan Ankara menargetkan kamp dengan serangan. Turki telah beberapa kali membantah tuduhan serangan di kamp Ayn Issa.

"Kami tidak mengawasi wilayah Suriah. Kami menentang mereka yang ingin memecah belah dan menghancurkan Suriah," kata Erdogan. (TDS)


latestnews

View Full Version