View Full Version
Sabtu, 19 Oct 2019

Intelijen Turki Tahan Seorang 'Imam' Organisai Fetullah di Meksiko

MEKSIKO (voa-islam.com) - Seorang tersangka tingkat tinggi yang bertindak sebagai apa yang disebut "imam" Meksiko untuk Kelompok Teror Gülenist (FETO) Osman Karaca ditangkap oleh Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT) di luar negeri dan dibawa ke Turki, kata sumber-sumber keamanan pada hari Sabtu (19/10/2019).

Karaca ditangkap dengan tuduhan '' mendirikan dan mendalangi organisasi teroris bersenjata, '' kata sumber itu, yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan berbicara kepada media.

FETÖ dan pemimpinnya yang berbasis di AS Fetullah Gülen mengatur kudeta yang dikalahkan pada 15 Juli 2016, yang menyebabkan 251 orang mati dan hampir 2.200 terluka.

Ankara juga menuduh FETO berada di balik kampanye jangka panjang untuk menggulingkan negara melalui infiltrasi institusi Turki, khususnya militer, polisi, dan peradilan.

FETO dituduh menanam anggotanya di mana-mana, mulai dari polisi hingga kehakiman, tentara, dan birokrasi selama bertahun-tahun. Menyamarkan ikatan mereka dengan grup tersebut, para pengikutnya berhasil naik ke peringkat teratas. Mereka menjadi jenderal di militer dan kepala polisi senior.

Melalui "para imamnya," FETO memantau para penyusup dan memberi mereka perintah. Yang disebut para imam ini sering kali merupakan sosok yang sederhana, seperti penjaga toko di kota kecil atau guru, tetapi mereka memegang kekuatan besar dalam kelompok, kadang-kadang atas kepala polisi, jenderal dan birokrat berpangkat tinggi. (DS)


latestnews

View Full Version