View Full Version
Selasa, 22 Oct 2019

Libya Keluarkan Perintah Penangkapan untuk Jenderal Pemberotak Khalifa Haftar

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Seorang jaksa penuntut militer Libya telah memerintahkan penangkapan jenderal pemberontak Khalifa Haftar dan tiga komandan pensiunan lainnya, seperti yang dilaporkan oleh Badan Anadolu.

Menurut sebuah pernyataan oleh kantor kejaksaan kepala militer, Haftar dan tiga pensiunan komandan dituduh memerintahkan kelompok tentara bayaran Rusia yang melakukan penculikan dan pembunuhan pada bulan September.

Pasukan Haftar meluncurkan kampanye pada bulan April untuk merebut Tripoli dari Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui secara internasional.

Bentrokan antara kedua pihak sejak itu telah menewaskan lebih dari 1.000 orang dan sekitar 5.500 lainnya terluka, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Negara kaya minyak itu tetap dilanda gejolak sejak 2011, ketika penguasa lama Muammar Khadafi digulingkan dan terbunuh dalam pemberontakan yang didukung NATO setelah empat dekade berkuasa.

Libya sejak saat itu telah melihat munculnya dua kursi kekuasaan saingan: satu di Libya timur, yang mana Haftar berafiliasi, dan GNA yang berbasis di Tripoli, yang mendapatkan pengakuan PBB. (MeMo)



latestnews

View Full Version