View Full Version
Kamis, 31 Oct 2019

Laporan: 'Orang Dalam' yang Mengungkap Persembunyian Al-Baghdadi Terima Hadiah Jutaan Dolar

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang informan yang memberikan perincian penting tentang pergerakan pemimpin Islamic State (IS) Abu Bakar al-Baghdadi yang terbunuh dalam serangan komando AS pekan lalu - kemungkinan akan mengambil sebagian atau seluruh hadiah sebesar $ 25 juta, The New Arab mengutip The Washington Post melaporkan Rabu (30/10/2019).

Informan itu adalah seorang agen yang disusupkan dengan baik di Islamic State yang memfasilitasi gerakan al-Baghdadi di sekitar Suriah, menurut the Post, dan membantu mengawasi pembangunan tempat persembunyian Al-Baghdadi di Idlib.

Komando operasi khusus AS menghantam tempat persembunyian Al-Baghdadi pada Sabtu malam, memburu dengan helikopter dan mengejar pendiri IS ke dalam sebuah terowongan di mana ia meledakkan rompi jibaku, menurut laporan AS dari serangan itu.

Informan berada di tempat kejadian ketika serangan itu berlangsung, dan dipindahkan dua hari kemudian dengan keluarganya, menurut laporan itu.

Pria itu, yang tidak diidentifikasi, kemungkinan akan menerima sebagian atau seluruh hadiah $ 25 juta yang diberikan AS untuk harga kepala al-Baghdadi, katanya.

Selain gerakan Al-Baghdadi, informan itu tahu tata ruang demi ruang tempat persembunyian terakhir Al-Baghdadi di Suriah, menurut Post.

Surat kabar itu mengatakan sumber itu, yang digambarkan oleh seorang pejabat sebagai seorang Arab Sunni yang berbalik melawan IS setelah seorang kerabatnya terbunuh oleh kelompok itu, dilatih oleh intelijen Kurdi.

Orang-orang Kurdi akhirnya menyerahkannya kepada orang-orang Amerika, yang menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk membangun kredibilitasnya sebelum mengambil kesempatan yang muncul pada bulan lalu untuk meluncurkan serangan itu, menurut Washington Post. (TNA)


latestnews

View Full Version