View Full Version
Sabtu, 09 Nov 2019

Pengadilan India Dukung Pembangunan Kuil di Bekas Lokasi Masjid yang Dihancurkan Ekstrimis Hindu

NEW DELHI, INDIA (voa-islam.clm) - Pengadilan tinggi India telah memutuskan mendukung pembangunan sebuah kuil Hindu di lokasi sebuah masjid kuno bersejarah yang telah dihancurkan oleh gerombolan Hindu tiga dekade lalu.

Dalam putusan bulat pada hari Sabtu (9/11/2019) Mahkamah Agung memutuskan mendukung umat Hindu mengenai sebidang tanah di Ayodhya di India utara, di mana masjid Babri abad ke-16 berdiri sebelum dihancurkan pada tahun 1992 oleh para ekstremis Hindu.

Lima hakim Mahkamah Agung mengatakan bahwa masjid itu "tidak dibangun di atas tanah kosong" dan telah memindahkan kuil sebelumnya.

Mereka mengalokasikan sebidang tanah seluas lima hektar yang "menonjol", tidak jauh dari lokasi yang diperebutkan, kepada komunitas Muslim untuk membangun sebuah masjid.

Pengadilan juga memutuskan bahwa pembongkaran masjid itu bertentangan dengan aturan hukum. Penghancuran masjid memicu kerusuhan agama di mana sekitar 2.000 orang tewas, kebanyakan dari mereka adalah Muslim.

Seorang wakil untuk orang-orang Muslim yang berperkara mengatakan bahwa mereka tidak puas dan akan memutuskan apakah akan meminta tinjauan setelah mereka membaca seluruh putusan.

Pihak berwenang mengerahkan ribuan patroli polisi di kota itu menjelang vonis. Mereka juga menangkap ratusan orang di kota.

Perdana Menteri Narendra Modi dan beberapa pejabat lainnya meminta ketenangan. Perdana menteri memuji vonis itu, dengan mengatakan bahwa "secara damai" mengakhiri perselisihan yang telah berlangsung beberapa dekade.

"Aula keadilan secara damai telah menyimpulkan masalah yang berlangsung selama beberapa dekade. Setiap sisi, setiap sudut pandang diberikan waktu dan kesempatan yang memadai untuk mengekspresikan berbagai sudut pandang yang berbeda. Putusan ini akan semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap proses peradilan," tweeted Modi.

Umat ​​Hindu dan Muslim telah terkunci dalam konflik di situs itu selama 150 tahun. Di situs masjid yang dihancurkan, umat Hindu membangun sebuah tenda yang menyerupai sebuah kuil.

Dalam sebuah langkah baru-baru ini, pemerintahnya mencabut status semi-otonomi Kashmir. Keputusan itu memicu gelombang ketegangan di seluruh wilayah itu, yang terbagi antara India dan Pakistan.

New Delhi juga memberlakukan pembatasan pada pergerakan dan komunikasi masyarakat di Kashmir untuk mengekang kerusuhan di sana, menyebutnya sebagai masalah internal dan mengkritik negara-negara yang telah berbicara menentang tindakan tersebut. Wilayah mayoritas Muslim telah terpecah antara India dan Pakistan sejak partisi mereka pada tahun 1947. (ptv)


latestnews

View Full Version