View Full Version
Sabtu, 16 Nov 2019

Dibantu Georgia dan CIA, Ukraina Tangkap Pemimpin Senior Islamic State Al Bara Shishani

KIEV, UKRAINA (voa-islam.com) - Seorang pemimpin senior kelompok Islamic State (IS) telah ditangkap di Ukraina setelah operasi dilakukan dengan bantuan polisi Georgia dan CIA, kata layanan keamanan Ukraina, Jum'at (15/12/2019).

Warga negara Georgia, yang dikenal sebagai Al Bara Shishani, sebelumnya adalah wakil komandan Islamic State Omar al-Shishani ("Omar the Chechen"), kata dinas keamanan SBU Ukraina dalam sebuah pernyataan.

Omar al-Shishani adalah nama gerilya dari jihadis Chechnya Georgia yang terbunuh dalam serangan pimpinan koalisi AS di Suriah pada 2016.

Al Bara Shishani meninggalkan Suriah pada tahun 2016 ke Turki, di mana ia "terus mengoordinasikan" kegiatan Islamic State, kata SBU.

Dia tiba secara ilegal di Ukraina tahun lalu, menggunakan paspor palsu, dan ditangkap di dekat rumahnya di pinggiran kota Kiev.

Menurut Rami Abdel Rahman, kepala pemantau perang Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang bermarkas di Inggris, Al Bara Shishani bukanlah tokoh IS berpangkat tinggi tetapi "seorang pejuang sederhana".

Dinas keamanan Georgia memberikan nama aslinya sebagai Cezar Tokhosashvili dan mengatakan dia dicari sebagai "anggota organisasi teroris". (TNA)


latestnews

View Full Version