View Full Version
Senin, 18 Nov 2019

Gotaba Rajapaksa Disumpah Sebagai Presiden Baru Sri Lanka

KOLOMBO, SRI LANKA (voa-islam.com) - Mantan Sekretaris Pertahanan Gotabaya Rajapaksa dilantik sebagai presiden Sri Lanka hari Senin (18/11/2019) dan memohon kepada minoritas Tamil dan Muslim yang memberikan suara menentangnya untuk memberikan dukungan mereka.

Rajapaksa, yang dipuji karena membantu mengakhiri perang saudara yang panjang di negara itu, mencatat kemenangan yang nyaman dengan mayoritas lebih dari 1,3 juta suara dalam pemilihan presiden negara itu, menurut hasil pemilihan. Dia mendapatkan sekitar 52% suara, dibandingkan dengan 42% yang dikumpulkan oleh saingan utamanya, kandidat partai yang berkuasa Sajith Premadasa. Dia mengamankan bagian terbesar dari suara mayoritas komunitas Sinhala, sementara Premadasa dibantu oleh suara dari minoritas Tamil dan Muslim yang berpenduduk di wilayah utara dan timur.

Rajapaksa mengatakan dia akan mempertahankan Sinhala dan Budha sebagai budaya utama negara dan memberikan dukungan negara bagi mereka tetapi mengklaim akan mengizinkan kelompok lain untuk melestarikan identitas agama dan budaya mereka. Dia juga berjanji untuk memprioritaskan keamanan nasional setelah serangan Minggu Paskah tahun ini yang menewaskan 269 orang.

Orang-orang Muslim menjadi takut pada kelompok garis keras seperti kelompok nasionalis Budha Bodu Bala Sena (BBS) yang memimpin kampanye melawan mereka. Setelah serangan afiliasi Islamic State yang mematikan, banyak Muslim bersiap untuk serangan balas dendam. Muslim di Sri Lanka berjumlah sekitar 9% dari populasi 21 juta orang dan sebagian besar tinggal di bagian timur dan tengah pulau. Masjid dan properti milik Muslim di negara itu telah banyak diserang dan dijarah, terutama oleh umat Budha Sinhala. Beberapa nasionalis Budha telah memprotes kehadiran para pencari suaka Rohingya Muslim di Sri Lanka dari sebagian besar umat Budha Myanmar, di mana nasionalisme Budha juga meningkat. (TDS)


latestnews

View Full Version