View Full Version
Ahad, 24 Nov 2019

Turki Tawarkan Hadiah 4 Juta Lira untuk 'Agen Israel' Asal Palestina Mohamed Dahlan

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Turki mengatakan akan memberikan empat juta lira ($ 700.000) untuk informasi yang mengarah pada penangkapan mantan orang kuat partai Fatah Palestina yang diasingkan, Mohammed Dahlan.

Ankara menuduh Dahlan terlibat dalam upaya kudeta Juli 2016 yang gagal terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan, dan baru-baru ini berperan dalam pembunuhan jurnalis pembangkang Saudi Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul tahun lalu.

Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan kepada surat kabar Hurriyet Daily News berbahasa Inggris pada hari Jum'at (22/11/2019) bahwa Dahlan akan ditempatkan dalam daftar teroris yang paling dicari.

Pria 58 tahun itu menjadi saingan sengit dari mantan sekutunya di partai Fatah Palestina, Mahmoud Abbas, sebelum melarikan diri ke Uni Emirat Arab (UEA) sebagai pengasingan.

Turki menuduh Dahlan menjadi tentara bayaran untuk UEA. Mereka juga menuduh UEA berusaha mengganti Abbas dengan Dahlan.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu menuduh UEA menyembunyikan seorang teroris, dengan mengatakan "(Dahlan) melarikan diri kepada Anda karena ia adalah agen Israel."

Dalam sebuah wawancara dengan penyiaran Saudi, Dahlan merespons dengan keras, menuduh Erdogan mendukung "kelompok-kelompok teroris" di Suriah dan "bertindak seolah-olah ia adalah komandan umat Islam."

Dahlan dihukum in absentia tiga tahun penjara pada tahun 2016 oleh pengadilan Palestina karena korupsi, dan diperintahkan untuk membayar $ 16 juta, menurut pengacaranya.

Dahlan pernah memimpin kudeta terhadap pemerintah terpilih Hamas di Gaza pada 2007. Rencananya mengalami kegagalan besar dan dalam beberapa hari di musim panas 2007, Hamas mengusir pasukan Dahlan. (ptv)


latestnews

View Full Version