View Full Version
Selasa, 26 Nov 2019

Investigasi Reruters Ungkap Konspirasi Iran di Balik Serangan Fasilitas Minyak Saudi Aramco

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) -  Sebuah konspirasi Iran berada di balik serangan terhadap dua fasilitas minyak Saudi Aramco pada 14 September, menurut penyelidikan Reuters yang dirilis pada hari Senin (25/11/2019).

Laporan itu mengatakan Pemimpin Tertinggi Syi'ah Iran Ayatola Ali Kamenei memberi perintah untuk menyerang fasilitas Aramco sebagai tanggapan atas penarikan AS dari kesepakatan nuklir Rencana Aksi Komprehensif 2015.

Juga terungkap dalam laporan bahwa keputusan untuk menargetkan fasilitas Aramco Saudi dibuat setelah beberapa pertemuan rahasia yang melibatkan Korps Pengawal Revolusi Syi'ah (IRGC) di Iran, dan bahwa Republik Syi'ah itu ingin melancarkan serangan yang "menghentikan konfrontasi langsung yang dapat memicu suatu tanggapan AS yang menghancurkan. "

Laporan pertemuan tersebut, dijelaskan kepada Reuters oleh tiga pejabat yang akrab dengan mereka dan yang keempat dekat dengan pengambilan keputusan Iran, adalah yang pertama untuk menggambarkan peran para pemimpin Syi'ah Iran dalam merencanakan serangan 14 September.

Menurut catatan itu, persetujuan Kamenei atas operasi tersebut datang dengan syarat yang ketat: Pasukan Iran harus menghindari menghantam warga sipil atau Amerika.

Pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran mengaku bertanggung jawab segera setelah serangan, yang ditolak oleh pejabat Saudi dan AS, yang mengatakan sifat canggih serangan menunjuk ke Iran.

Ketika dihubungi oleh Reuters untuk memverifikasi akun, juru bicara IRGC menolak memberikan komentar.

Teheran sendiri tidak mau mengakui mereka terlibat. (AN)


latestnews

View Full Version