View Full Version
Senin, 09 Dec 2019

Anggota Senat AS Serukan Penangguh Program Pelatihan untuk Saudi Setelah Penembakan di Pensacola

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Sekutu Presiden AS Donald Trump di Senat yang dikuasai Partai Republik mengatakan negara itu perlu "menangguhkan" program pelatihan untuk Saudi setelah penembakan di pangkalan angkatan laut AS oleh seorang perwira Saudi yang menewaskan tiga pelaut Amerika.

"Kita perlu menunda program sampai kita menyelidiki," kata Senator GOP Lindsey Graham di Fox News. "Aku suka sekutu. Arab Saudi adalah sekutu, tapi ada sesuatu yang sangat buruk di sini secara mendasar. Kita perlu memperlambat program ini dan mengevaluasi kembali."

Mohammed Saeed al-Shamrani, letnan dua di militer Arab Saudi, juga melukai beberapa orang lain di Stasiun Udara Naval Pensacola di Florida, Jum'at.

Perwakilan Matt Gaetz (R-Fla.), Seorang Republikan yang distriknya termasuk pangkalan Pensacola, mengatakan kepada ABC bahwa program pelatihan militer harus dihentikan "sampai kami benar-benar yakin dengan program pemeriksaan kami."

"Dan jika ada orang Saudi yang belum kita miliki yang mungkin terlibat dalam perencanaan, inspirasi, pembiayaan, atau pelaksanaan ini, kita berharap intelijen Saudi bekerja dengan pemerintah kita untuk menemukan orang-orang yang bertanggung jawab dan meminta pertanggungjawaban mereka. , "Kata Gaetz. "Dan aku diberi jaminan dari duta besar bahwa itu akan terjadi."

Menteri Pertahanan AS Mark Esper dilaporkan telah memerintahkan peninjauan prosedur pemeriksaan saat Presiden Trump melanjutkan upaya untuk melindungi keluarga kerajaan Saudi setelah penembakan.

Itu membuat beberapa pertanyaan tentang hubungan dekat antara monarki Saudi dan keluarga Trump.

"Ini adalah hubungan yang memiliki masalah serius," kata kandidat presiden 2020, Senator Cory Booker. "Dan fakta bahwa presiden ini tampaknya, dengan cara yang sangat transaksional, menggandakan hubungan, dan mengatakan kepada kita itu karena hanya kepentingan finansial, tidak dapat diterima." (ptv)


latestnews

View Full Version