View Full Version
Jum'at, 13 Dec 2019

Haftar Umumkan Dimulainya 'Pertempuran Terakhir' untuk Merebut Ibukota Libya

TOBRUK, LIBYA (voa-islam.com) - Panglima pemberontak yang bermarkas di timur Libya Khalifa Haftar hari Kamis (12/12/2019) mengumumkan operasi melawan pasukan pemerintah Libya yang berbasis di Tripoli, dalam apa yang dia katakan akan menjadi "pertempuran terakhir" untuk ibukota.

Haftar yang didukung Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir melakukan perang melawan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui PBB yang berbasis di bagian barat Libya.

"Pertempuran yang menentukan," di mana pasukannya akan mendorong ke jantung Tripoli, dimulai, kata Haftar dalam siaran pidato yang disiarkan televisi, menambahkan bahwa orang-orang bersenjata di kota itu akan diberikan kekebalan hukum sebagai imbalan untuk meletakkan senjata mereka.

"Pasukan kami siap untuk melawan setiap upaya gila baru," oleh Haftar untuk menyerang kota itu, saluran al-Ahrar Libya mengutip menteri dalam negeri Tripoli Fathi Bashagha mengatakan.

Pengumuman itu muncul setelah bandara Tripoli, yang ditutup tiga bulan lalu karena serangan udara oleh pasukan Haftar, dibuka kembali pada dini hari.

Seorang milisi pemberontak berpangkat tinggi yang loyal kepada Haftar mengatakan kepada Bloomberg bahwa mereka berada pada tahap akhir pertempuran untuk merebut ibukota pemerintah yang didukung oleh PBB.

Awal pekan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Turki siap mengirim pasukan ke Libya untuk membantu GNA jika ada permintaan.

"Jika mereka meminta bantuan, kami akan menanggapi permintaan itu [dengan pasukan]," kata Erdogan saat acara Hari HAM Sedunia di Ankara.

Sebagai tanggapan, Abdurrahman Shater, anggota Dewan Tinggi Negara Libya, mendesak kepala GNA Fayez al-Sarraj untuk menerima tawaran Turki "untuk menyelamatkan bangsa dan kehidupan manusia," lapor media Libya melaporkan Selasa.

Libya telah meluncur ke dalam kekacauan sejak 2011 ketika pemberontakan yang didukung NATO menyebabkan penggulingan dan kematian mantan Presiden Muammar Khadafi setelah lebih dari empat dekade berkuasa.

Sejak itu, perpecahan politik Libya telah menghasilkan dua kursi kekuasaan saingan, satu di Tobruk dan satu lagi di Tripoli, serta dalam pertempuran oleh sejumlah kelompok milisi yang bersenjata lengkap.

Militer, didorong oleh tentara Haftar, telah bersekutu dengan pemerintahan timur paralel yang berbasis di Benghazi, menandai peningkatan eskalasi yang berbahaya dalam perebutan kekuasaan yang telah berlangsung sejak kekosongan setelah kematian Khadafi muncul. Haftar tidak diakui oleh komunitas internasional, karena parlemen terpilih negara itu berbasis di Tripoli. (TDS)


latestnews

View Full Version