View Full Version
Rabu, 25 Dec 2019

AS Berencana Tarik Ribuan Pasukan dari Afrika Barat

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Menteri Pertahanan Mark Esper sedang berusaha menarik pasukan Amerika Serikat dari Afrika Barat sebagai bagian dari rencana untuk menggeser penempatan hampir 200.000 tentara di luar negeri, kata The New York Times, Selasa (24/12/2019).

Rencana tersebut termasuk meninggalkan pangkalan drone yang baru dibangun senilai $ 110 juta di Niger dan mengakhiri bantuan untuk pasukan Prancis yang memerangi jihadis di Mali, Niger dan Burkina Faso.

AS memiliki 6.000-7.000 tentara di Afrika dan pengurangan yang diusulkan kemungkinan akan fokus pada beberapa ratus tentara Amerika yang dikerahkan di Niger, Chad dan Mali, menurut laporan itu.

Para pejabat yang dikutip oleh NYT mengatakan penarikan Washington dari Afrika akan mengarah pada rencana serupa untuk mengurangi kehadiran militer AS di Amerika Latin, Irak dan Afghanistan.

Para pejabat juga menekankan bahwa Esper mempertimbangkan pemotongan yang signifikan di Timur Tengah, menurunkan pasukan dari 5.000 menjadi 2.500 di Irak dan menarik sekitar 4.000 dari hampir 12.000 tentara di Afghanistan.

"Kami tidak akan berspekulasi tentang postur pasukan di masa depan," kata juru bicara Pentagon dalam sebuah pernyataan.

Keputusan awal Pentagon tentang Afrika diharapkan pada Januari. (TDS)


latestnews

View Full Version