View Full Version
Rabu, 25 Dec 2019

Jet Tempur Paling Canggih Rusia, Su-57 Jatuh Saat Misi Pelatihan

MOSKOW, RUSIA (voa-islam.com) - Pejabat Rusia mengatakan sebuah jet tempur paling canggih mereka telah jatuh pada misi pelatihan tetapi pilotnya berhasil keluar dengan aman.

Perusahaan Rusia United Aircraft Corporation mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa (24/12/2019) bahwa pesawat tempur Su-57 jatuh selama penerbangan pelatihan di dekat Komsomolsk-on-Amur di timur jauh negara itu. Dikatakan pilot pesawat itu dengan aman terlontar dan tidak mengalami cedera di darat.

Penyebab kecelakaan itu tidak segera diketahui.

Su-57, yang melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2010, adalah pesawat tempur Rusia yang paling canggih. Ini memiliki kemampuan sembunyi-sembunyi dan membawa peralatan dan senjata canggih. Pesawat bermesin ganda itu telah dirancang oleh perusahaan Sukhoi untuk bersaing dengan pesawat tempur siluman Raptor F-22 AS.

Kecelakaan itu menandai pertama kali hilangnya Su-57, 10 di antaranya telah dibangun di pabrik Sukhoi di Komsomolsk-on-Amur untuk pengujian pra-produksi dan evaluasi tempur. Beberapa dari jet tempur tersebut telah diterbangkan dalam pertempuran selama kampanye militer Rusia di Suriah.

Angkatan udara Rusia telah memesan 76 pesawat yang akan dikirim pada tahun 2028. (TDS)


latestnews

View Full Version