View Full Version
Ahad, 05 Jan 2020

Kapal Selam Nuklir Inggris Dalam Posisi Siap Gempur Iran Jika Pecah Perang Teheran Dengan AS

LONDON, INGGRIS (voa-islam.com) - Sebuah kapal selam bertenaga nuklir Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan "dalam posisi untuk menyerang Iran" jika ketegangan saat ini antara Teheran dan Washington atas pembunuhan hasil umum Iran dalam konflik bersenjata lengkap, The Sun melaporkan.

Surat kabar itu mengutip sumber-sumber senior pertahanan Inggris yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa kepal selam pemburu-pembunuh kelas Astute yang dipersenjatai dengan rudal jelajah nuklir Tomahawk "duduk diam" dalam jangkauan Iran.

Sumber itu menambahkan bahwa meskipun tidak akan ada serangan pertama, "setiap tindakan pencegahan sedang dilakukan, tergantung pada bagaimana Iran bereaksi terhadap kematian Soleimani".

“Jika segala sesuatunya terurai dengan cepat, Inggris akan selalu berdiri bahu-membahu dengan AS. Pemburu-pembunuh adalah kapal selam paling canggih di Angkatan Laut Kerajaan. Mereka adalah aset yang mematikan dan ada satu sumur dalam jangkauan Iran, ”sumber tersebut menunjukkan.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah sedikitnya 50 tentara Pasukan khusus Layanan Udara Inggris (SAS) dikirim ke Irak untuk membantu potensi evakuasi warga Inggris setelah serangan pesawat tak berawak AS yang menewaskan Jenderal Qasem Soleimani, kepala pasukan elit Quds Korps Pengawal Revolusi Syi'ah Iran (IRGC).

Menteri Pertahanan Ben Wallace juga memerintahkan pengiriman kapal perang Inggris ke Selat Hormuz untuk "mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi kapal dan warga negara kita" karena Iran berjanji akan membalas setelah pembunuhan Soleimani. (Sptnk)


latestnews

View Full Version