View Full Version
Senin, 06 Jan 2020

Erdogan Sebut Pasukan Turki Disebar Ke Libya untuk 'Koordinasi dan Stabilitas'

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Ahad (5/1/2020) bahwa pasukan Turki telah memulai misi militer ke Libya untuk "koordinasi dan stabilitas".

"Pasukan kami secara bertahap berangkat ke Libya. Mereka akan mengoordinasikan [tindakan mereka dengan GNA] di sana. Tujuan kami adalah untuk mendukung pemerintah yang sah", kata Erdogan, dikutip oleh CNN Turk, menambahkan bahwa "tujuannya adalah untuk mendukung pemerintah yang sah "Ini tidak akan merusak kesepakatan kita. Tugas militer Turki di sana adalah untuk memastikan gencatan senjata, bukan untuk berperang. Di sisi lain, dengan mendukung pemerintah yang sah, mencegah bencana kemanusiaan".

Parlemen Turki memberi lampu hijau untuk mengirimkan pasukan ke sekutu di Libya yang telah dikepung sejak April 2019 oleh Tentara Nasional gadungan Libya (LNA) yang dipimpin Khalifa Haftar. Langkah Turki dilaporkan didorong oleh sejarah, karena Libya, sampai 1911, sebelumnya merupakan bagian dari Kekaisaran Ottoman yang luas.

Erdogan telah berulang kali dituduh berupaya merebut kembali wilayah yang dikuasai Kekaisaran Ottoman sebelum kekalahan dan pembubarannya setelah Perang Dunia I.

Libya telah berada dalam keadaan perang saudara sejak pemimpin lamanya, Muammar Khadafi digulingkan pada 2011. Sejak itu, kekuatan politik di negara itu telah terpecah antara dua pemerintah saingan: Dewan Perwakilan yang berbasis di Tobruk dan Kongres Nasional Umum yang berbasis di Tripoli. Setelah penandatanganan Perjanjian Politik Libya yang ditengahi PBB pada Desember 2015, Pemerintah Kesepakatan Nasional telah dibentuk di daerah tersebut dan memulai pekerjaannya pada akhir Maret 2016.

Laporan-laporan media menuduh, mengutip sumber-sumber, bahwa pemerintahan Trump sedang mempertimbangkan sebuah rencana ambisius untuk membagi Libya menjadi tiga wilayah berdasarkan tiga provinsi Ottoman lama: Cyrenaica di timur, Tripolitania di barat laut dan Fezzan di barat daya.

Namun, Presiden AS Donald Trump memperingatkan Erdogan bahwa campur tangan asing membuat kondisi di Libya semakin rumit.

Pemimpin LNA, Khalifa Haftar, mengecam dukungan Turki terhadap GNA yang didukung Barat dan menyatakan "jihad", menyerukan mobilisasi "pria dan wanita, perwira dan warga sipil" untuk menentang operasi militer Turki.

Libya saat ini tidak stabil dan terfragmentasi ke dalam wilayah-wilayah yang dikontrol oleh kekuatan politik saingannya. Perseteruan telah memunculkan munculnya banyak kelompok teroris, khususnya Islamic State (IS), yang telah melakukan serangan terhadap infrastruktur minyak Libya. (Sptnk)


latestnews

View Full Version