View Full Version
Sabtu, 01 Feb 2020

TV Iran Gunakan Tangkapan Layar Film 'Zero Dark Thirty' Sebagai Bukti Tewasnya Perwira Top CIA

TEHERAN, IRAN (voa-islam.com) - Televisi pemerintah Syi'ah Iran menyiarkan tangkapan layar dari film 'Zero Dark Thirty' sebagai bukti bahwa seorang perwira senior CIA yang dilaporkan terlibat dalam pembunuhan seorang jenderal top Iran telah tewas dalam kecelakaan pesawat di Afghanistan.

Gambar yang digunakan oleh Channel One Iran menunjukkan aktor Amerika Frederic Lehne, yang memerankan karakter berdasarkan agen CIA nyata Michael D'Andrea dalam film Hollywood.

Laporan itu menyusul jatuhnya pesawat pengintai AS di Afghanistan timur, yang dikonfirmasi oleh militer AS pada hari Senin.

D'Andrea terlibat dalam perburuan untuk Syaikh Usamah Bin Ladin selama sepuluh tahun dan diduga merupakan salah satu tokoh kunci CIA di balik pembunuhan komandan militer Syi'ah Iran, Jenderal Qasem Soleimani.

Taliban mengatakan bahwa beberapa personel AS tewas dalam kecelakaan di Ghazni, sementara media Iran mengklaim bahwa D'Andrea termasuk di antara korban kecelakaan itu.

Para pejabat AS yang berbicara kepada Reuters mengatakan bahwa kurang dari lima orang ada di dalamnya.

"Sementara penyebab kecelakaan sedang diselidiki, tidak ada indikasi kecelakaan itu disebabkan oleh tembakan musuh. Kami akan memberikan informasi tambahan begitu tersedia," juru bicara USFOR-A Kolonel Sonny Leggett, mentweet.

Kolonel Leggett juga mentweet: "Taliban mengklaim bahwa pesawat tambahan yang jatuh adalah salah."

Kecelakaan yang melibatkan penerbangan militer, khususnya helikopter, adalah hal biasa di Afghanistan di mana cuaca buruk dan pesawat tua sering didorong hingga batasnya di negara yang dilanda perang - dan di mana jihadis telah diketahui kerap menargetkan helikopter.
 
Penerbangan sipil terakhir yang jatuh adalah pada Mei 2010, ketika sebuah pesawat tua Pamir Airways jatuh dalam cuaca buruk selama penerbangan terjadwal ke Kabul dari provinsi utara Kunduz. (TNA)


latestnews

View Full Version