View Full Version
Sabtu, 01 Feb 2020

Tersangka Pemimpin Kelompok Al-Qaidah Irak Ditangkap di Arizona Amerika Serikat

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Seorang pria yang dituduh membunuh dua petugas polisi ketika bertindak sebagai pemimpin kelompok Al-Qaidah di kota Fallujah, Irak, ditangkap di Phoenix, Arizona, kata pejabat federal, Jum'at (1/2/2020).

Ali Yousif Ahmed Al-Nouri, 42, dicari di Irak atas tuduhan pembunuhan berencana terhadap petugas polisi Irak pada tahun 2006, menurut sebuah pernyataan oleh Kantor Kejaksaan Negeri AS di Distrik Arizona.

Seorang hakim Irak mengeluarkan surat perintah penangkapan Al-Nouri dan pemerintah di sana mengeluarkan permintaan ekstradisi ke Departemen Kehakiman AS, kata pernyataan itu.

Departemen Kehakiman meminta surat perintah penangkapan untuk Al-Nouri dan dia ditahan pada hari Kamis di Phoenix.

Dia muncul di hadapan hakim federal di Phoenix pada hari Jum'at sehubungan dengan proses untuk mengekstradisi dia ke Irak, kata pernyataan itu.

Menurut pemerintah Irak, al-Nouri adalah pemimpin kelompok Al-Qaidah di Fallujah yang merencanakan operasi yang menargetkan polisi Irak.

Pernyataan tersebut mencatat rincian dalam pengaduan Irak adalah tuduhan yang belum terbukti di pengadilan.

Ekstradisi Al-Nouri harus disertifikasi oleh pengadilan AS dan Sekretaris Negara Amerika Serikat kemudian akan memutuskan apakah akan menyerahkannya ke Irak, kata pernyataan itu.

Tidak mungkin untuk segera menghubungi Al-Nouri untuk memberikan komentar atau menentukan apakah dia telah menyewa pengacara.

Pernyataan itu tidak memberikan informasi kapan Al-Nouri memasuki Amerika Serikat atau berapa lama ia tinggal di Phoenix. (Reuters)


latestnews

View Full Version