View Full Version
Selasa, 04 Feb 2020

Uganda Pertimbangkan Buka Kedutaan Besar di Yerusalem Setelah 'Dibujuk' PM Israel Netanyahu

KAMPALA, UGANDA (voa-islam.com) - Presiden Uganda Yoweri Museveni dilaporkan mempertimbangkan untuk membuka kedutaan negaranya di Yerusalem, setelah tawaran dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Senin (3/2/2020).

Netanyahu, yang mengunjungi negara itu dalam kunjungan dua hari, berjanji untuk membuka kedutaan besar Israel di ibukota Uganda, Kampala.

Berbicara pada konferensi pers, perdana menteri Israel itu mengatakan kepada Museveni:

"Aku punya saran. Anda membuka kedutaan di Yerusalem dan kami akan membuka di Kampala '

Membuka misi dan membangun penerbangan langsung antara kedua sekutu akan berfungsi untuk meningkatkan hubungan lebih lanjut, Netanyahu mengklaim.

Jika Uganda meneruskan rencananya, itu akan menjadi negara ketiga, setelah AS dan Guatemala, untuk membuka kedutaan di Yerusalem.

Secara tradisional, sebagian besar misi diplomatik di Israel adalah di Tel Aviv, karena negara-negara telah berusaha keras untuk mempertahankan sikap netral atas status Yerusalem.

Namun keputusan mengejutkan Presiden AS Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel membuka jalan bagi AS untuk memindahkan kedutaan mereka ke kota.

Palestina mengklaim Yerusalem Timur sebagai ibukota mereka.

Sebuah rencana perdamaian yang diungkapkan oleh Trump pekan lalu mengusulkan sebuah ibukota Palestina di luar perbatasan kota.

Kepemimpinan Palestina dengan suara bulat menolak rencana itu, memutuskan semua hubungan dengan AS dan Israel pada hari Sabtu. (TNA)


latestnews

View Full Version