View Full Version
Kamis, 27 Feb 2020

Cegah Penyebaran Corona, Saudi Stop Sementara Umrah Sampai Waktu yang Tidak Ditentukan

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Arab Saudi pada hari Kamis (27/2/2020) menangguhkan masuknya orang asing dari negara-negara di mana virus Corona baru telah menyebar untuk umrah dan ziarah, ketika semakin banyak kasus di luar Cina yang memperdalam ketakutan akan pandemi, lapor Reuters.

Kerajaan tersebut, yang menampung dua situs paling suci bagi umat Islam di Mekah dan Madinah, menyambut jutaan jamaah Muslim sepanjang tahun dengan puncaknya untuk beribadah haji. Negara ini memperkenalkan visa pariwisata baru Oktober lalu untuk 49 negara.

Kementerian Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penangguhan itu bersifat sementara tetapi tidak memberikan jangka waktu untuk kedaluwarsa mereka. Tidak jelas apakah ibadah haji, yang dijadwalkan akan dimulai pada akhir Juli, akan terdampak.

Entri juga ditangguhkan untuk kunjungan ke Masjid Nabi di Madinah.

Arab Saudi tidak memiliki kasus virus Corona tetapi wabah itu telah menyebar di beberapa negara tetangga.

Kementerian tidak menyebutkan secara spesifik orang-orang dari negara mana yang akan terkena dampak tetapi mengatakan otoritas kesehatan kerajaan akan menentukan di mana wabah itu merupakan bahaya.

Pejabat pariwisata tingkat atas Arab Saudi mengatakan pekan ini 400.000 visa turis telah dikeluarkan sejak diluncurkan pada Oktober dan negara itu bertujuan untuk menarik 100 juta kunjungan tahunan pada 2030.

Jumlah infeksi virus Corona baru di dalam CCina - sumber wabah - adalah untuk pertama kalinya disusul oleh kasus baru di tempat lain pada hari Rabu, dengan Italia dan Iran muncul sebagai episentrum dari penyakit yang menyebar dengan cepat tersebut.

Asia melaporkan ratusan kasus baru, Brasil mengkonfirmasi infeksi pertama di Amerika Latin dan penyakit baru - COVID-19 - juga terdeteksi untuk pertama kalinya di Pakistan, Swedia, Norwegia, Yunani, Rumania, dan Aljazair.

Otoritas kesehatan AS, menangani 59 kasus - kebanyakan orang Amerika yang dipulangkan dari kapal pesiar di Jepang - mengatakan kemungkinan pandemi global. Presiden Donald Trump mengklaim kepada orang Amerika pada hari Rabu bahwa risiko tetap "sangat rendah", dan menunjuk Wakil Presiden Mike Pence bertanggung jawab atas tanggapan AS. (MeMo)


latestnews

View Full Version