View Full Version
Ahad, 22 Mar 2020

Cegah Penyebaran Corona, Turki Copot Bangku Taman untuk Menghentikan Para Manula Berkumpul

ANKARA, TURKI (voa-islam.com) - Otoritas lokal di seluruh Turki telah mencopot bangku taman dari tanah dalam upaya untuk menghentikan pertemuan publik ketika angka kematian negara itu dari virus Corona baru naik menjadi sembilan.

Warga lanjut usia Turki dilaporkan menolak mematuhi saran pemerintah untuk menjaga jarak sosial.

Awal pekan ini, Ankara telah menutup sebagian besar bisnis swasta yang tidak penting, termasuk kafe, bar, dan sebagian besar restoran. Shalat jamaah di masjid-masjid juga telah dibatalkan.

Langkah-langkah telah melihat rumah minum teh tradisional, tempat berkumpul umum untuk para pria Turki yang lebih tua, ditutup dalam upaya untuk memperlambat penyebaran virus corona baru.

Tetapi laporan media lokal menunjukkan bahwa banyak warga lanjut usia mengabaikan pedoman untuk tinggal di rumah.

Kematian terkait dengan penyakit Covid-19 yang disebabkan oleh virus Corona baru telah banyak terjadi di antara orang di atas 70.

Pihak berwenang setempat di seluruh negeri telah berbalik untuk merobohkan bangku taman dari tanah untuk mencoba menghentikan orang tua berkumpul dalam kelompok.

Bangku telah dicopot dari alun-alun dan taman di Denizli, Sivas, Tekirdag, Kirklareli, Edremit, Edirne dan distrik Uskudar Istanbul, media lokal melaporkan.

Dalam tindakan yang tidak terlalu drastis, otoritas lokal di provinsi timur laut Trabzon telah menutup bangku dengan menggunakan pita TKP.

Pihak berwenang Trabzon juga memasang tanda-tanda yang mengatakan "Ayo, pulang" di bangku-bangku di daerah itu, harian Cumhuriyet melaporkan.

Korban tewas Covid-19 di Turki naik menjadi sembilan pada hari Jum'at.

Jumlah kasus koronavirus yang dikonfirmasi di negara ini saat ini mencapai 670, Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan.

Kasus-kasus virus menular secara kasar berlipat dua setiap hari sejak kasus pertama Turki diumumkan pada 11 Maret.

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada hari Jum'at berbicara tentang pandemi, mendorong warga untuk tinggal di rumah untuk meminimalkan penyebaran virus.

"Kami melakukan perlawanan tanpa henti terhadap virus Corona," kata Erdogan dalam pesan suara yang dikirim ke telepon warga yang berusia lebih dari 50 tahun, menambahkan bahwa setiap orang harus shalat di rumah dan menghindari mengundang tamu.

"Atas nama saya dan bangsa saya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua warga negara yang mendukung kami dan bertindak dengan rasa tanggung jawab dalam perjuangan melawan virus Corona ini. Saya harap kita akan melewati hari-hari yang sulit bersama, Insya Allah." (TNA)


latestnews

View Full Version