View Full Version
Selasa, 24 Mar 2020

Hakim di Libanon Gunakan WhatsApp untuk Menginterogasi Tahanan di Tengah Penguncian Virus Corona

BEIRUT, LIBANON (voa-islam.com) - Para hakim di Libanon telah mulai menginterogasi para tahanan melalui panggilan video WhatsApp, menurut sebuah tweet dari Direktorat Jenderal Pasukan Keamanan Internal pada hari Senin (24/3/2020).

Tweet itu mengatakan bahwa "mengingat langkah-langkah yang diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona ... remaja Suriah (yang lahir pada tahun 2002) yang ditangkap diinterogasi melalui aplikasi panggilan video-WhatsApp."

Metode interogasi ini adalah yang pertama dari jenisnya di Libanon dan merupakan bagian dari langkah-langkah sosial yang dilakukan untuk memerangi penyebaran virus COVID-19.

Jaksa Agung Ghassan Oueidat mengeluarkan dua surat edaran tentang penahanan dan pengadilan. Yang kedua menyarankan agar semua kecuali penangkapan penting, memungkinkan hakim untuk menginterogasi tahanan secara elektronik dan memberikan pertanyaan sesuai dengan hukum.

Ouiedat menambahkan bahwa pejabat pengadilan tidak boleh memulai investigasi selama durasi karantina virus Corona, kecuali jika sangat diperlukan.

Mengikuti surat edaran itu, tentara Libanon menyerbu pasar-pasar Tripoli pada hari Senin, menutup semua toko, menutup gerbang dan memerintahkan semua orang yang hadir untuk pulang.

Toko-toko yang melanggar kuncian yang dimandatkan pemerintah disegel dengan lilin merah dan akan menghadapi proses hukum begitu subsidi wabah.

Menurut sebuah tweet dari akun Angkatan Darat Libanon, personil militer mengirimkan bantuan ke daerah-daerah termiskin di Tripoli.

Angkatan Darat dan Pasukan Keamanan Internal (ISF) dikerahkan pada hari Ahad setelah perintah dari Perdana Menteri Hassan Diab untuk memaksakan karantina secara paksa setelah beberapa warga terlihat melanggar perintah pada akhir pekan.

Libanon telah melaporkan empat kematian dan 304 kasus yang dikonfirmasi termasuk dua mantan menteri, May Chidiac dan Mohammad Safadi.

Juru bicara UNIFIL, Andrea Tenenti, mengatakan seorang tentara dinyatakan positif ketika dites ketika kembali dari liburan pada 15 Maret, menambahkan bahwa “penjaga perdamaian itu berada dalam isolasi penuh di Rumah Sakit Naqoura UNIFIL dan semua langkah pencegahan telah diikuti untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut."

Empat tentara diyakini telah melakukan kontak langsung dengan penjaga perdamaian yang terinfeksi, dengan tiga tes negatif dan yang keempat menunggu hasil tes.

Keempatnya akan tetap di karantina untuk saat ini, menurut pernyataan itu.

Libanon telah dikunci selama seminggu, dengan hampir semua lembaga publik dan swasta ditutup, dan bandara internasional, bandar udara dan pelabuhan ditutup. (MeMo) 


latestnews

View Full Version