View Full Version
Rabu, 01 Apr 2020

Laporan: Saudi Minta Umat Islam Tunda Sementara Persiapan Ibadah Haji Karena Pandemi Virus Corona

RIYADH, ARAB SAUDI (voa-islam.com) - Menteri haji Arab Saudi pada hari Selasa (31/3/2020) meminta umat Islam untuk menunda sementara persiapan untuk ibadah haji di tengah ketidakpastian atas pandemi virus Cina mematikan Corona.

Awal bulan ini, Arab Saudi menghentikan umrah karena kekhawatiran akan virus Corona baru yang menyebar ke kota-kota paling suci dalam Islam tersebut, sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang meningkatkan ketidakpastian atas haji.

"Arab Saudi sepenuhnya siap untuk melayani jamaah dan pengejar umrah," menteri haji Mohammad Benten mengatakan kepada televisi Al-Ekhbariya yang dikelola pemerintah.

"Tetapi dalam keadaan saat ini, ketika kita berbicara tentang pandemi global ... kerajaan berkeinginan untuk melindungi kesehatan umat Muslim dan warga negara dan oleh karena itu kami telah meminta para saudara Muslim kami di semua negara untuk menunggu sebelum melakukan kontrak haji hingga situasinya jelas."

Pemerintah Saudi belum mengumumkan apakah mereka akan melanjutkan haji tahun ini, yang dijadwalkan akhir Juli.

Ibadah haji - yang tahun lalu menarik 2,5 juta orang - adalah penghasil pendapatan utama bagi kerajaan. Tapi itu bisa menjadi sumber penularan utama karena para jamaah berkumpul secara dekat di situs-situs keagamaan.

Awal bulan ini, Arab Saudi menghentikan sholat di dalam semua masjidnya kecuali dua situs paling suci dalam Islam karena meningkatkan upaya untuk menahan penyebaran virus Cina yang dinamai oleh para ahli sebagai Covid-19.

Arab Saudi berjuang untuk membatasi penyebaran penyakit mematikan asal Cina itu di rumah. Kementerian kesehatan kerajaan telah melaporkan 1.563 infeksi virus Corona dan 10 kematian akibat penyakit Covid-19 sejauh ini.


latestnews

View Full Version