View Full Version
Senin, 06 Apr 2020

Pengacara Mesir Gugat Presiden Cina Xi Jinping $ 10 Trilyun Karena Perannya dalam Penyebaran Corona

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Dua pengacara Mesir telah mengajukan gugatan multi-triliun dolar terhadap Presiden Cina Xi Jinping karena dugaan perannya dalam menyebarkan virus corona ke Mesir, pengguna media sosial Mesir dan situs-situs berita melaporkan pada hari Ahad (5/4/2020).

Mohammed Talaat dan Amr Bayoumi, dua pengacara di Dewan Negara Mesir, mengajukan keluhan terhadap Xi melalui duta besar Cina untuk Mesir, menurut situs berita Mesir Al-Yawm Al-Jadid.

Sebuah foto yang beredar luas di media sosial konon menunjukkan surat yang menyajikan gugatan, yang meminta pemimpin Cina itu untuk membayar $ 10 triliun karena "tanggung jawabnya" untuk penyebaran virus Covid-19 yang mematikan di seluruh dunia.

Tuntutan tersebut didasarkan pada laporan yang mengatakan bahwa virus Corona "sengaja dibuat" oleh pemerintah Cina sebagai bagian dari program perang biologis, dan tuduhan bahwa Cina sengaja menyembunyikan informasi tentang tahap awal penyebaran virus, yang menyebabkan kerusakan besar bagi Dunia.

Talaat dan Bayoumi mengatakan bahwa Mesir dipaksa untuk menutup perbatasannya dan menghentikan semua penerbangan sebagai akibat dari dugaan salah penanganan Cina terhadap krisis virus Corona dan telah mengalami kerusakan ekonomi yang parah.

Ada sekitar 1.000 kasus coronavirus di Mesir dan 66 kematian. Tetapi para pengacara mengatakan bahwa mereka menuntut jumlah uang astronomis tidak hanya atas nama Mesir tetapi seluruh dunia.

Mereka mengatakan bahwa $ 10 triliun tersebut untuk warga Mesir dan dana amal "Tahya Misr" (Long Live Egypt) yang disponsori negara. Kedua pengacara itu mengatakan mereka berniat untuk membawa kasus ini di pengadilan internasional jika Cina gagal membayar.

Tuntutan mereka diejek oleh banyak orang di platform media sosial.

Seorang pengguna Twitter dengan tertawa mengklaim bahwa para pengacara mabuk tersebut ketika mereka mengajukan gugatan, dengan mengatakan: "Alkohol pada saat ini hanya boleh digunakan untuk sterilisasi, dan penyalahgunaan apa pun dapat menyebabkan tindakan yang 100 juta [orang di Mesir] lainnya akan merasa malu."

Secara terpisah, Daily Mail Inggris melaporkan pada hari Ahad bahwa sebuah think-tank neo-konservatif, Henry Jackson Society, akan menerbitkan laporan yang menilai kesalahan keuangan Cina untuk krisis virus Corona global, berdasarkan upaya Beijing untuk menyembunyikan penyebaran awal Covid-19.

Laporan tersebut menemukan bahwa ekonomi global mengalami kerusakan hampir $ 4 triliun, yang dapat dihindari jika Cina terbuka tentang penyebaran virus corona sejak awal, menambahkan bahwa Inggris dapat berhak atas $ 430 miliar sebagai kompensasi dari Cina. (TNA)


latestnews

View Full Version