View Full Version
Selasa, 07 Apr 2020

Sergapan Pejuang Islamic State di Deir Al-Zor Tewaskan Satu Perwira Militer AS dan 2 Milisi Kurdi

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Seorang perwira militer Amerika Serikat dan dua petempur dari Tentara Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi telah tewas dalam serangan di provinsi Deir Al-Zor, Suriah timur.

Orang-orang bersenjata itu dilaporkan berasal dari kelompok Islamic State.

Penyergapan itu terjadi di kota Al-Sur, Kantor Berita Arab Suriah (SANA) yang dikelola pemerintah, mentweet hari Senin (6/4/2020).

Identitas para penyerang tidak diketahui sejak awal. Perwira Amerika itu rupanya dipindahkan ke pangkalan militer AS di Al-Shaddadi di selatan provinsi Al-Hasakah, yang terletak di timur laut Suriah.

Selama perang saudara Suriah yang berlangsung selama sembilan tahun, koalisi yang dipimpin AS telah membantu dan mendukung SDF dan milisi Komunis Kurdi lainnya secara militer dalam perang mereka melawan Islamic State.

Menyusul serangan militer Turki ketiga ke Suriah utara - Operasi Musim Semi Perdamaian - pada Oktober tahun lalu, di mana Turki bertujuan untuk membangun zona aman 30 km bagi warga Suriah yang terlantar, pasukan AS menarik diri dari daerah itu.

Namun, setelah sebuah kesepakatan dicapai antara Turki dan Rusia dan operasi militer berakhir, pasukan AS kembali ke daerah-daerah tempat mereka menarik diri dan membangun kembali pangkalan mereka.

Aliansi antara militer AS dan SDF kemudian dilanjutkan dengan Amerika mengamankan ladang minyak di provinsi Deir Al-Zor.

Kehadiran militer AS dianggap sebagai pendudukan ilegal oleh rezim Suriah Presiden Bashar Al-Assad. Dia bertujuan untuk mengambil alih kendali atas semua wilayah negaranya yang telah hilang dalam konflik. (MeMo)


latestnews

View Full Version