View Full Version
Jum'at, 10 Apr 2020

Kanada Ancam Lakukan pembalasan Atas Pembatalan Pengiriman Pasokan Medis oleh AS

OTTAWA, KANADA (voa-islam.com) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah memperingatkan Presiden AS Donald Trump bahwa keputusannya untuk menghentikan sebuah perusahaan manufaktur AS mengirim respirator ke Kanada dapat mendorong tindakan pembalasan.

Pemerintah Trump memerintahkan perusahaan AS 3M, produsen peralatan kesehatan pelindung yang berbasis di Minnesota, untuk menghentikan ekspor masker pelindung ke Kanada dan Amerika Latin pada Kamis (9/4/2020).

Sebagai tanggapan, Trudeau memprotes dengan mengatakan bahwa pasokan medis bergerak "dua arah melintasi perbatasan," mencatat bahwa ribuan perawat Kanada dari Windsor melakukan perjalanan langsung ke Detroit, Michigan, setiap hari.

Trudeau memperingatkan bahwa memblokir aliran pasokan dan pergerakan tenaga medis akan menjadi kesalahan.

"Ini adalah hal-hal yang diandalkan oleh orang Amerika dan akan menjadi kesalahan untuk membuat penyumbatan atau mengurangi jumlah bolak-balik perdagangan barang dan jasa penting, termasuk barang medis, melintasi perbatasan kita," katanya.

Trump mengatakan ia telah menggunakan undang-undang yang berasal dari era Perang AS-Korea untuk memaksa perusahaan pemasok medis AS 3M untuk menjual peralatannya kepada pemerintah AS.

Sebelumnya, pejabat keamanan top Berlin mengatakan Washington menggunakan "metode Barat liar" untuk mengalihkan dan mendapatkan pengiriman masker wajah yang awalnya ditujukan untuk ibukota Jerman.(ptv)


latestnews

View Full Version