View Full Version
Senin, 13 Apr 2020

550 Awak Kapal Induk USS Theodore Roosevelt Prositif Mengidap Virus Corona

AMERIKA SERIKAT (voa-islam.com) - Sekitar 550 atau lebih dari 10 persen dari 4.800 awak kapal induk USS Theodore Roosevelt telah dites positif mengidap virus Corona, Angkatan Laut mengatakan Sabtu (11/4/2020), beberapa hari setelah kepala angkatan laut mengundurkan diri karena kesalahan penanganan wabah.

"92 persen kru Theodore Roosevelt telah diuji. Hingga hari ini, 550 positif, 3.673 negatif," kata juru bicara Angkatan Laut AS kepada AFP.

Juru bicara itu mengatakan 3.696 telah dipindahkan ke hotel-hotel dan barak-barak yang tersedia di Guam, tempat kapal itu telah merapat sejak mantan kaptennya membocorkan tentang wabah itu, memicu kebuntuan publik dengan Pentagon yang berpuncak pada pengunduran diri Sekretaris Angkatan Laut AS Thomas Modly pada hari Selasa.

Modly mengundurkan diri lima hari setelah mengeluarkan kapten Roosevelt, Brett Crozier, karena menulis surat - yang bocor ke media - menggambarkan situasi mengerikan kapal yang dilanda virus dan menuduh Pentagon tidak menaruh perhatian yang cukup padanya.

Pemindahan Crozier, dihormati di militer dan populer dengan krunya, dipandang sebagai tangan besi dan memutuskan terlalu cepat, sebelum penyelidikan dilakukan.

Seorang veteran angkatan laut dengan karir yang bersih, Crozier telah menulis surat kepada atasannya pada akhir Maret, mengeluhkan wabah Covid-19 yang tidak terkendali di antara kru Roosevelt, dan meminta Pentagon untuk mengizinkannya mengosongkan kapal bertenaga nuklir tersebut dan mensterilkannya. .

"Penyebaran penyakit ini sedang berlangsung dan semakin cepat," tulis Crozier. "Kami tidak berperang. Para pelaut tidak perlu mati."

Surat itu diterbitkan oleh San Francisco Chronicle, kebocoran yang Menteri Pertahanan Mark Esper dan Modly sindir disengaja dan melanggar rantai komando Pentagon.

Modly memicu kemarahan pada hari Senin setelah ia terbang dari Washington ke Guam, tempat kapal perang itu berlabuh, untuk mempertahankan tindakannya kepada para kru dalam pidato yang keras dan tidak senonoh di mana ia menuduh Crozier melakukan "pengkhianatan".

Beberapa jam kemudian, di Washington, Modly mengeluarkan permintaan maaf, tetapi Presiden Donald Trump secara terbuka mempertanyakan perlakuan terhadap Crozier dan mengatakan ia akan terlibat langsung.

Modly "mengundurkan diri atas kemauannya sendiri," kata Esper. (KO)


latestnews

View Full Version