View Full Version
Kamis, 16 Apr 2020

Surat Kabar Israel Jerusalem Post Desak Negosiasi Pertukaran Tahanan dengan Hamas

TEL AVIV, ISRAEL (voa-islam.com) - Surat kabar Israel, The Jerusalem Post menerbitkan editorial yang mendukung rencana untuk mencapai kesepakatan pertukaran tahanan antara Hamas dan Israel, dengan alasan bahwa “sudah saatnya anak-anak kita kembali ke rumah”.

"Setelah enam tahun keluarga Goldin dan Shaul menderita, dan setelah perjuangan lima tahun untuk keluarga Mengistu dan Al-Sayyed, Israel akhirnya harus menjalankan otoritasnya dan memperjuangkan apa yang diperjuangkannya," tambah surat kabar itu, merujuk pada para tentara yang hilang di Gaza.

Mengomentari kemungkinan bahwa Israel akan menerima tidak lebih dari mayat jika kesepakatan tercapai, Jerusalem Post menekankan bahwa penting bagi Israel untuk mengembalikan mayat prajuritnya. "Bahkan di dalam tubuh mereka, nilai-nilai Yahudi kita mengamanatkan bahwa kita bekerja untuk mengambilnya."

Surat kabar itu juga mempertimbangkan tantangan yang terkait dengan melakukan negosiasi dengan tujuan mencapai kesepakatan pertukaran tahanan. "Dan masalah ini menimbulkan masalah menyakitkan lainnya, yang tetap dalam kegelapan di Israel - bagaimana kita menegosiasikan potensi kembalinya para tentara tawanan dan warga negara kita dan berapa harga yang harus kita bayar sebagai negara?"

Koran itu menyerukan transparansi mengenai komite yang dibentuk ketika Ehud Barack adalah menteri pertahanan pada 2008 "untuk menetapkan aturan dasar tentang bagaimana negara harus bernegosiasi dengan musuh tentang masalah tawanan perang." Alih-alih mengeluarkan rekomendasinya kepada publik, komite hanya menyerahkannya kepada menteri pertahanan dan menandainya sebagai rahasia besar.

"Kami tidak dapat memberikan kesepakatan Shalit lain yang melihat pembebasan tahanan yang kemudian akan keluar dan membunuh lebih banyak orang Israel," the Jerusalem Post memperingatkan.

Pertukaran tahanan Gilad Shalit menyusul perjanjian 2011 antara Israel dan Hamas untuk membebaskan tentara Israel Gilad Shalit dengan imbalan 1.027 tahanan - terutama warga Palestina dan Arab-Israel, meskipun ada juga satu warga Ukraina, Yordania dan Suriah. (MeMo)


latestnews

View Full Version