View Full Version
Jum'at, 17 Apr 2020

Pasukan GNA Kepung Sekelompok Penasihat Militer Asal Prancis dan UEA di Pangkalan Udara Wattia

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Para aktivis media sosial mengedarkan laporan tentang "tangkapan berharga" di pangkalan udara Al-Wattia yang dikuasai pasukan pemberontak pimpinan Khalifa Haftar di Libya timur.

Para aktivis menyatakan bahwa sekelompok penasihat Prancis dan Uni Emirat Arab (UEA) terperangkap di pangkalan udara, setelah serangan yang dilakukan oleh pasukan Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) Senin lalu, setelah itu mereka mengambil kendali atas seluruh kota Pantai Barat, berfungsi sebagai pangkalan strategis di pantai Mediterania.

Aktivis media sosial mengedarkan laporan tentang "tangkapan berharga" di pangkalan udara Al-Wattia yang dikuasai Haftar di Libya timur

Pada gilirannya, anggota parlemen Tunisia Maher Zid menuduh Uni Emirat Arab, dalam sebuah posting di Facebook, berkomunikasi dengan kepresidenan Tunisia untuk memastikan penyelundupan para perwira Emirat yang terjebak di pangkalan udara Al-Wattia.

Sebuah sumber militer di Tripoli memberi tahu Arabi21 bahwa ia tidak mengesampingkan laporan-laporan ini, karena kemungkinan sejumlah perwira asing (yang identitasnya belum terungkap) telah terperangkap di pangkalan udara Al-Wattia setelah kehilangan kontak dengan pasukan Haftar, yang diusir dari sebagian besar wilayah Barat Libya. Namun, sumber itu tidak memberikan informasi terperinci tentang masalah ini.

Sumber lain mengonfirmasi Arabi21 bahwa meskipun fakta bahwa tentara GNA melancarkan serangan di pangkalan udara sekitar tiga minggu lalu, pasukan tidak berhasil menyerbu seluruh lokasi. Dengan demikian, pasukan Operation Volcano of Anger hanya menggerebek asrama pangkalan, dan menangkap sejumlah perwira dan pejuang Haftar, tanpa berhasil mengakses gudang senjata, fasilitas penerbangan dan bagian lain dari pangkalan udara, di mana para perwira lain cenderung bersembunyi.

Sumber yang sama menunjukkan bahwa pangkalan itu, yang terletadi di wilayah pegunungan terjal di barat, tidak sepenuhnya dikelilingi oleh pasukan GNA, karena dapat disusupi melalui kota Zintan (selatan pangkalan), menunjuk ke kehadiran jalur gunung terjal di daerah itu, yang hanya diketahui oleh penduduk Pegunungan Nafusa.

Arabi21 berbicara kepada Mustafa Al-Mujai, juru bicara Operation Volcano of Anger GNA, yang menegaskan bahwa dia tidak memiliki informasi mengenai masalah ini, atau para petugas yang terperangkap di pangkalan, menunjukkan bahwa dia melihat berita tersebut di platform media sosial. (MeMo)


latestnews

View Full Version