View Full Version
Ahad, 19 Apr 2020

44 Tersangka Anggota Boko Haram Ditemukan Tewas di Dalam Sel Penjara Chad

NDJAMEDA, CHAD (voa-islam.com) - Empat puluh empat tersangka anggota Boko Haram, ditangkap saat operasi baru-baru ini terhadap kelompok pejuang tersebut, telah ditemukan tewas di sel penjara mereka, tampaknya diracun, kepala jaksa penuntut Chad mengumumkan pada hari Sabtu (18/4/2020).

Berbicara di televisi nasional, Youssouf Tom mengatakan 44 tahanan telah ditemukan tewas di sel mereka pada hari Kamis.

Autopsi yang dilakukan terhadap empat tahanan yang tewas mengungkapkan jejak zat mematikan yang telah menyebabkan serangan jantung pada beberapa korban dan sesak napas parah pada yang lain, katanya.

Orang-orang yang tewas di antara sekelompok 58 tersangka yang ditangkap selama operasi militer besar di sekitar Danau Chad yang diluncurkan oleh Presiden Idriss Deby Itno pada akhir Maret.

"Setelah pertempuran di sekitar Danau Chad, 58 anggota Boko Haram telah dipenjara dan dikirim ke Ndjamena untuk keperluan penyelidikan," kata Tom.

"Pada Kamis pagi, penahan mereka memberi tahu kami bahwa 44 tahanan telah ditemukan tewas di sel mereka," kata Tom, menambahkan bahwa ia telah datang tempat kejadian.

"Kami telah mengubur 40 mayat dan mengirim empat mayat ke pemeriksa medis untuk otopsi." Penyelidikan sedang berlangsung untuk menentukan dengan tepat bagaimana para tahanan itu meninggal, katanya.

'Ini mengerikan'

Sebuah sumber keamanan, yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan kepada AFP bahwa "ke-58 tahanan ditempatkan dalam satu sel dan tidak diberi makan atau minum selama dua hari".

Mahamat Nour Ahmed Ibedou, sekretaris jenderal Konvensi Chad untuk Perlindungan Hak Asasi Manusia (CTDDH), membuat tuduhan serupa.

Para pejabat penjara telah "mengunci para tahanan di sel kecil dan menolak memberi mereka makanan dan air selama tiga hari karena mereka dituduh anggota Boko Haram", Ibedou mengatakan kepada AFP. "Mengerikan apa yang terjadi."

Pemerintah tidak mau mengakui tuduhan itu.

"Tidak ada perlakuan buruk," Menteri Kehakiman Chad, Djimet Arabi, mengatakan kepada AFP melalui telepon.

"Zat beracun ditemukan di perut mereka. Apakah itu bunuh diri kolektif atau yang lainnya? Kami masih mencari jawaban," klaimnya, seraya menambahkan bahwa penyelidikan masih berlangsung.

Salah satu tahanan dipindahkan ke rumah sakit pada hari Kamis, tetapi ia "bernasib jauh lebih baik" dan telah bergabung kembali bersama "13 tahanan lainnya masih hidup dan yang melakukannya dengan sangat baik," kata menteri.

Operasi besar melawan Boko Haram

Awal pekan ini, menteri mengatakan kepada AFP bahwa orang yang ditangkap telah dipindahkan ke Ndjamena pada Selasa malam dan diserahkan ke sistem pengadilan untuk diadili.

Operasi militer terhadap Boko Haram menewaskan lebih dari seribu pejuang kelompok itu dan menewaskan 52 tentara, klaim seorang jurubicara militer Chad. Operasi berjalan dari 31 Maret hingga 8 April.

Itu diluncurkan sebagai tanggapan terhadap serangan yang menghancurkan pada pasukan Chad pada 23 Maret di sebuah pangkalan di Bohoma, di rawa-rawa Danau Chad, yang menewaskan 98 tentara. Itu adalah kerugian terbesar dalam satu hari yang pernah diderita tentara.

Sejak itu, Idriss telah memperingatkan sekutu-sekutunya di wilayah itu bahwa tentara Chad tidak akan lagi mengambil bagian dalam operasi di luar negara itu.

Pasukan Chad, yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di wilayah itu, telah berperang melawan Boko Haram di wilayah Danau Chad sebagai bagian dari Pasukan Multinasional Bersama dengan Nigeria, Kamerun, dan Niger. (TNA)


latestnews

View Full Version