View Full Version
Selasa, 19 May 2020

Pejuang Islamic State Luncurkan Serangan Mematikan Baru di Timur Suriah

DEIR AL-ZOR, SURIAH (voa-islam.com) - Dua milisi pro-rezim Assad dan satu anggota pasukan Tentara Demokratik Suriah (SDF) telah tewas di  provinsi Deir az-Zour timur negara itu pada hari Ahad (17/5/2020) setelah kendaraan mereka menjadi sasaran kelompok Islamic State (IS).

Ini yang merupakan yang terbaru dari serangkaian serangan oleh kelompok itu.

Sel-sel yang tidur IS telah meluncurkan sejumlah serangan di daerah-daerah yang diambil kembali oleh SDF yang didukung AS dan rezim Suriah di timur negara itu dalam beberapa bulan terakhir.

Ada kekhawatiran bahwa krisis coronavirus dan ketegangan antara SDF dan Turki - yang mengendalikan bagian-bagian Suriah utara - dapat membantu pemberontakan IS.

IS juga telah melakukan serangkaian serangan mematikan terhadap pasukan rezim di Suriah tengah dalam beberapa bulan terakhir, sementara ada juga lonjakan aktivitas oleh kelompok jihadis itu di Irak.

Tiga tersangka anggota IS juga melarikan diri dari kamp Al-Hol di Suriah pada akhir pekan, pembobolan penjara terbaru oleh kelompok tersebut.

Tahanan Islamic State telah melakukan kerusuhan di pusat-pusat penahanan di Suriah sejak pecahnya virus Corona.

Islamic State mengambil alih sebagian besar Suriah dan Irak pada 2014, membantai ribuan warga sipil dan tawanan perang.

Mereka mengendalikan sejumlah wilayah dengan ukuran Inggris sampai serangan yang didukung AS oleh militer Syi'ah Irak, SDF dan pasukan lainnya melihat benteng terakhir IS di Suriah timur jatuh tahun lalu.

Sejak itu, sel-sel yang tertidur terus menyerang pasukan SDF, sementara pejuang IS telah meluncurkan serangan hantam lari terhadap pasukan rezim Suriah di provinsi Homs. (TNA)


latestnews

View Full Version