View Full Version
Rabu, 20 May 2020

Tentara Libya Kalahkan Pasukan Haftar di 2 Kota Dekat Perbatasan Tunisia

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Tentara Libya menguasai dua kota di barat laut negara itu dari milisi pemberontak yang setia kepada Brigadir Jenderal Khalifa Haftar Selasa (19/5/2020).

Pusat media "Operation Volcano of Anger" memposting pernyataan di Facebook yang mengatakan: "Kekuatan kepahlawanan kami memasuki kota Badr dan Tiji (kotamadya Baten Al-Djabal Al-Gharbi), dan diterima dengan hangat oleh orang-orang di sana, yang memuji dan meneriakkan mereka. "

Pusat media itu tidak memberikan perincian lain tentang bagaimana pasukan pemerintah menguasai kedua kota tersebut.

Saluran pribadi Libya menyiarkan video yang menunjukkan penyebaran kendaraan militer Libya di kota Badr setelah mereka mengambil kendali.

Di sisi lain, pasukan Haftar mengatakan mereka mundur dari bagian Tripoli pada malam hari setelah mereka kehilangan salah satu benteng utama mereka di Libya barat pada hari Senin dalam pukulan berat terhadap kampanye selama setahun untuk merebut ibukota.

Juru bicara pasukan Haftar, Ahmed Al-Mismari, mengklaim bahwa pasukan melakukan operasi pemindahan dan ditempatkan di garis depan, meninggalkan beberapa daerah pemukiman padat penduduk.

Pasukan Haftar mendapat dukungan dari UEA, Rusia dan Mesir.

Pada hari Senin, tentara Libya mengambil kendali Pangkalan Udara Al-Watiya yang strategis setelah mendorong milisi pemberontak pimpinan Haftar keluar dari daerah tersebut.

Sejak 4 April 2019, milisi Haftar melancarkan operasi untuk menangkap ibukota Libya, Tripoli, pusat Pemerintahan Kesepakatan Nasional (GNA), menargetkan kawasan pemukiman dan daerah berpenduduk, dan menyebabkan kematian ratusan warga sipil. (MeMo)


latestnews

View Full Version