View Full Version
Kamis, 04 Jun 2020

Turki Peringatkan Pejuang Oposisi Suriah Kemungkinan Serangan Rezim Teroris Assad di Idlib

IDLIB, SURIAH (voa-islam.com) - Turki telah memperingatkan kelompok pejuang oposisi Suriah di provinsi barat laut Idlib untuk bersiap atas kemungkinan serangan militer oleh rezim teroris Assad dan sekutunya Iran dan Rusia dalam beberapa hari mendatang, menurut mantan pejabat senior oposisi.

Informasi itu diungkapkan oleh mantan juru bicara Tentara Suriah Baru - sekarang berganti nama menjadi Tentara Komando Revolusioner - yang merupakan bagian dari Operasi Inherent Resolve pimpinan AS melawan Islamic State (IS).

Mzahem Alsaloum menulis di Twitter hari Kamis (4/6/2020) ini: "Turki memberi tahu faksi-faksi Idlib tentang potensi operasi militer oleh Rusia, Iran & Assad di selatan [selatan] jalan raya M4." Dia menambahkan bahwa sumber lain yang berbasis di Damaskus telah memberitahunya dua pekan sebelumnya "tentang persiapan dan langkah-langkah di sisi pro-rezim untuk operasi militer di Idlib."

Sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata yang terjadi antara Turki dan Rusia pada 5 Maret, disepakati bahwa jalan raya M4 yang strategis yang melintasi Idlib selatan akan membentuk basis zona demiliterisasi yang akan membentang enam kilometer di kedua sisi jalan raya.

Laporan itu muncul sehari setelah Rusia melakukan serangan udara pertama di area jalan raya M4 sejak gencatan senjata mulai berlaku.

Selama beberapa bulan terakhir sejak perjanjian itu berlaku, Turki juga telah membangun kehadiran militernya di provinsi itu untuk mengantisipasi ofensif baru, yang menghasilkan sekitar 15.000 tentara Turki dan lebih dari 6.000 kendaraan militer telah dikerahkan ke wilayah tersebut. (MeMo)


latestnews

View Full Version