View Full Version
Sabtu, 06 Jun 2020

Tentara Libya Lancarkan Operasi Militer untuk Bebaskan Kota Sirte dan Jufra dari Milisi Haftar

TRIPOLI, LIBYA (voa-islam.com) - Tentara Libya melancarkan operasi militer pada hari Sabtu (6/6/2020) untuk membebaskan kota-kota di Libya timur dan tengah dari milisi pemberontak pimpinan panglima perang Khalifa Haftar.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara militer Abdel-Hadi Dara mengatakan operasi itu, yang diberi nama sandi "Path of Victory", bertujuan untuk membebaskan kota Sirte dan Jufra dan kota Wadi Wishka, Buerat, Jarif dan Qasr Abu Haid dari pasukan Haftar.

Dia mengatakan pesawat tempur menghantam dua kendaraan militer milik Haftar di selatan Wadi Wishka.

Sementara itu, juru bicara militer Mohammed Kanunu mengatakan pasukan pemerintah telah diperintahkan untuk maju menuju Wadi Wishka dan Sirte.
Dia mengatakan pesawat tempur Libya melakukan lima serangan udara terhadap pasukan Haftar di dekat Sirte.

Pada hari Jum'at, tentara Libya membebaskan kota Tarhuna yang strategis - benteng terakhir Haftar di Libya barat.

Pemerintah Libya yang diakui secara internasional telah diserang oleh pasukan Haftar sejak April 2019, dengan lebih dari 1.000 tewas dalam kekerasan.
Pemerintah meluncurkan Operasi Badai Perdamaian pada bulan Maret untuk melawan serangan di ibukota dan baru-baru ini mendapatkan kembali lokasi strategis, termasuk pangkalan udara Al-Watiya dan Tarhuna, yang dipandang sebagai pukulan signifikan bagi pasukan Haftar. (AA)


latestnews

View Full Version