View Full Version
Senin, 15 Jun 2020

Pasukan Separatis Yaman Dukungan UEA Curi 256 Juta USD Uang yang Akan Dikirim ke Bank Central Aden

ADEN, YAMAN (voa-islam.com) - Separatis selatan di Yaman menyita pengiriman milyaran riyal yang ditujukan untuk bank sentral di Aden pada hari Sabtu (13/6/2020), dalam upaya lebih lanjut untuk mengambil kendali dari pemerintah yang didukung Saudi sejak mendeklarasikan pemerintahan sendiri di selatan pada bulan April, lapor Reuters.

Pasukan yang setia kepada Dewan Transisi Selatan (STC) yang didukung UEA, yang menyatakan pemerintahan sendiri di Aden pada bulan April, menyita konvoi yang membawa uang tunai ketika meninggalkan pelabuhan, bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, memperingatkan “konsekuensi berbahaya ”

Konvoi itu membawa 64 miliar riyal (sekitar $ 256 juta USD) dalam uang kertas yang dicetak untuk bank sentral Yaman di Rusia, kata satu sumber pemerintah. Sumber pemerintah lainnya mengatakan uang tunai itu dibawa ke pangkalan militer dalam apa yang dia katakan adalah "pembajakan".

"Tindakan itu merupakan bagian dari beberapa langkah untuk mengakhiri sumber korupsi dan untuk mencegah penggunaan uang publik dalam mendukung terorisme," klaim STC dalam sebuah pernyataan.

Langkah berani ini dapat mengancam perdamaian rapuh antara STC dan pemerintah yang didukung Saudi, sekutu nominal dalam perang melawan pemberontak Syi'ah Houtsi yang didukung Iran.

Pemerintah dan STC menandatangani perjanjian tahun lalu untuk mengakhiri perebutan kekuasaan di selatan, tetapi para pihak gagal untuk mengimplementasikan kesepakatan di lapangan.

STC menuduh pemerintah yang salah kelola dan korupsi yang didukung Saudi, tuduhan yang dibantahnya.

Bank sentral tidak mengungkapkan berapa banyak uang yang diambil.

Perang di Yaman telah menghancurkan ekonomi dan menyebabkan inflasi yang parah di negara yang telah lama miskin yang bergulat dengan apa yang digambarkan oleh PBB sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia. (MeMo)


latestnews

View Full Version