View Full Version
Kamis, 18 Jun 2020

Seorang Anggota Perlemen Mesir Tuntut Agar Abdel Fattah Al-Sisi Jadi Presiden Seumur Hidup

KAIRO, MESIR (voa-islam.com) - Seorang anggota parlemen Mesir menuntut agar Abdel Fattah Al-Sisi menjadi presiden seumur hidup, menurut Masrawy.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Badawi Abdul Latif, berpidato di depan parlemen pada hari Selasa (16/6/2020) di mana ia mengklaim bahwa Al-Sisi telah memainkan peran utama sejak ia menjabat sebagai presiden dan bahwa ia telah mencapai kemajuan luar biasa.

Latif juga memuji peran tentara Mesir yang termasuk dalam sepuluh besar di dunia.

Sejak Al-Sisi mengambil alih kekuasaan setelah kudeta militer pada tahun 2013, ia secara konsisten berupaya untuk mengkonsolidasikan kekuasaan, dibantu oleh parlemen yang didominasi oleh para politisi yang setia kepada sang jenderal.

Pada 2019 diumumkan bahwa konstitusi Mesir akan diamandemen untuk memungkinkan Al-Sisi tetap menjabat sampai 2030 setelah pihak berwenang mengklaim bahwa referendum memberi mereka 89 persen dukungan.

Amandemen juga mengkonsolidasikan kontrol Al-Sisi atas peradilan dan memberi militer peran yang lebih besar dalam politik.

Pada bulan April Sisi mengeluarkan dekrit yang memperpanjang keadaan darurat di seluruh negeri karena situasi kesehatan, setelah wabah virus di negara tersebut.

Parlemen menyetujui langkah-langkah Undang-Undang Darurat yang mengalokasikan presiden 18 kekuasaan baru yang diduga untuk menghadapi pandemi tetapi yang sebenarnya memperluas kekuasaannya untuk memilih dan menunjuk penuntutan militer untuk menyelidiki kejahatan. (MeMo)


latestnews

View Full Version