View Full Version
Kamis, 25 Jun 2020

Janda Almarhum Pendiri Hamas Syaikh Ahmed Yassin Meninggal di Gaza Dalam Usia 76 Tahun

JALUR GAZA, PALESTINA (voa-islam.com) - Halima Yassin, janda pendiri Hamas Syaikh Ahmed Yassin, meninggal pada Selasa (23/6/2020) malam di Gaza, salah satu putranya telah mengumumkan. Wanita berusia 76 tahun itu telah menderita beberapa penyakit, dan ketika kondisinya memburuk ia dilarikan ke Rumah Sakit Al Shifa di Kota Gaza, tetapi dinyatakan meninggal hanya beberapa menit setelah dirawat.

Dia menikah dengan Syaikh Ahmed Yassin, yang menderita lumpuh, pada 1968. Bersama-sama mereka memiliki tiga putra dan delapan putri.

Pada tahun 1987, bersama dengan sejumlah anggota Ikhwanul Muslimin lainnya, Syaikh Ahmed mendirikan Gerakan Perlawanan Islam Palestina, yang dikenal dengan akronim Arabnya Hamas. Dia ditahan oleh Israel beberapa kali selama bertahun-tahun, dan dibebaskan untuk terakhir kalinya pada tahun 1998.

Pada 22 Maret 2004, pemimpin veteran itu dibunuh atas perintah almarhum Perdana Menteri Israel Ariel Sharon. Sebuah rudal menghantam di kursi rodanya ketika ia meninggalkan masjid setempat setelah shalat subuh. Pengawalnya dan sembilan lainnya tewas dalam serangan yang sama, yang dikecam secara luas. (MeMo)


latestnews

View Full Version