View Full Version
Jum'at, 26 Jun 2020

Sudan Peringatkan Jutaan Orang Akan 'Berisiko' Jika Ethiopia Mengisi Bendungan Nil Secara Sepihak

KHARTOUM, SUDAN (voa-islam.com) - Sudan memperingatkan Kamis (25/6/2020) bahwa jutaan orang akan menghadapi "risiko besar" jika Ethiopia secara sepihak mengisi bendungan Nilnya tanpa mencapai kesepakatan dengan hilir Kairo dan Khartoum.

Ketegangan tinggi antara hulu Ethiopia dan dua negara lain setelah pembicaraan baru-baru ini gagal menghasilkan kesepakatan tentang pengisian dan pengoperasian Grand Renaissance Ethiopia Dam. Addis Ababa berencana untuk mulai mengisi bendungan, yang terletak di Blue Nile, bulan depan.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian air Sudan mengatakan pihaknya telah mengirim surat kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mendesaknya untuk "mencegah semua pihak mengambil langkah-langkah sepihak termasuk dalam mengisi reservoir bendungan kebangkitan (Ethiopia) sebelum mencapai kesepakatan."

Dikatakan mengisi bendungan secara sepihak "akan membahayakan keselamatan Bendungan Roseires Sudan dan dengan demikian membuat jutaan orang yang tinggal di hilir menghadapi risiko besar".

Pada hari Ahad, Menteri Sumber Daya Air Sudan Yasser Abbas mengatakan penting bahwa Ethiopia berbagi informasi tentang air yang dipasok dari bendungan, jika tidak, "kita tidak akan tahu jumlah air yang dikeluarkan dari bendungan Renaissance, yang mungkin menyebabkan banjir dan bendungan Roseires sendiri akan beresiko menjadi kewalahan.

Kementerian memperingatkan bahwa waktu yang tersisa bagi negara-negara untuk setuju adalah "ketat dan kritis".

Itu juga mendesak Dewan Keamanan untuk "mengundang para pemimpin dari ketiga negara untuk menunjukkan kemauan politik dan komitmen untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tersisa."

Khartoum baru-baru ini mengusulkan memecah kebuntuan yang sedang berlangsung dengan meningkatkan status pembicaraan ke tingkat perdana menteri.

Mesir, yang memandang dam hidro-listrik sebagai ancaman eksistensial, pada hari Jum'at meminta Dewan Keamanan PBB untuk campur tangan dalam perselisihan, dengan menyebut "sikap tidak positif" Ethiopia.

Mesir khawatir bahwa bendungan itu akan sangat memotong pasokan air Sungai Nil, yang menyediakan hampir 97 persen dari kebutuhan air tawar negara itu.

Ethiopia mengatakan dam itu sangat diperlukan untuk pengembangannya, dan menegaskan bahwa pasokan air negara-negara hilir tidak akan terpengaruh.

Pada hari Rabu, menteri air dan irigasi Mesir Mohamed Abdel Aty mengatakan kepada saluran TV swasta bahwa negara-negara tersebut sepakat selama pembicaraan terbaru "mengenai beberapa masalah teknis tetapi memiliki ketidaksepakatan hukum yang mendalam."

Dia mengatakan titik-titik menonjol utama termasuk cara-cara "untuk menangani kekeringan, kekeringan panjang dan kelangkaan air di tahun-tahun kering."

Ethiopia memulai pembangunan bendungannya pada 2011. Setelah selesai, struktur tersebut akan menjadi fasilitas hidroelektrik terbesar di Afrika. (TNA)


latestnews

View Full Version