View Full Version
Kamis, 02 Jul 2020

Milisi Dukungan UEA Jarah 5 Kontainer Uang Tunai Milik Bank Sentral Yaman di Pelabuhan Mukalla

AL-MUKALLA, YAMAN (voa-islam.com) - Milisi Separatis Selatan Yaman yang didukung oleh Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Ahad menyerbu pelabuhan Mukalla di Hadramout dan menjarah lima kontainer uang tunai milik Bank Sentral Yaman, yang baru-baru ini dicetak di Rusia, Middle East Monitor melaporkan Rabu (1/7/2020).

Sumber mengatakan bahwa "pasukan UEA yang hadir di Bandara Internasional Rayyan Al-Mukalla menyerbu pelabuhan dengan gerilyawan yang berafiliasi dengan Dewan Transisi Selatan (STC) dan menyita uang yang tiba pada hari Ahad."

Sumber yang sama menyatakan bahwa "para penjarah disertai oleh pesawat-pesawat UEA yang terbang di ketinggian rendah untuk melindungi kontainer sampai mereka mencapai daerah Al-Rayyan di kota Mukalla."

Pada hari Ahad, sebuah kapal yang membawa uang yang baru dicetak milik pemerintah Yaman, berlabuh di bawah penjagaan ketat di pelabuhan Mukalla, sebelah timur Yaman, ketika pihak berwenang menutup daerah itu bersamaan dengan demonstrasi yang dilakukan oleh para pendukung STC yang didukung UEA, menuntut penyitaan dana ini yang diduga menuju ke Maarib.

Uang tersebut seharusnya ditransfer ke cabang Bank Sentral di kegubernuran Hadhramout, Al-Mahra, dan Shabwa, untuk membayar gaji warga sipil dan personil militer.

Milisi STC yang didukung UEA melakukan perampokan serupa di Aden pada 13 Juni, ketika tujuh kontainer uang dijarah dalam perjalanan ke Bank Sentral. Militan STC mentransfer uang tunai ke markas mereka di daerah Jebal Hadid, selatan kota.

Pada akhir April, STC mendeklarasikan pemerintahan sendiri dan keadaan darurat di Aden dan provinsi selatan Yaman, dalam suatu langkah yang dikutuk oleh pemerintah Presiden Abdu Rabbo Mansour Hadi yang didukung internasional yang berada di pengasingan di Saudi. (MeMo)


latestnews

View Full Version