View Full Version
Ahad, 05 Jul 2020

Tolak Rencana Aneksasi Tepi Barat Oleh Israel, Menara Telepon Chile 'Diselimuti' Kapiyeh Palestina

SANTIAGO, CHILE (voa-islam.com) - Ketika Israel bergerak lebih dekat untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat yang diduduki, solidaritas di Global Selatan telah mendapatkan momentum. Pada 2 Juli, Menara Telepon Chili disinari dengan nyala lampu tampilan kafiyeh Palestina untuk mendukung rakyat Palestina dan penolakan terhadap rencana aneksasi.

Chili, negara dengan populasi terbesar warga Palestina di Amerika Latin, mengarahkan gerakan dukungan mereka kepada rakyat Palestina di Wilayah Pendudukan.

Chili tidak sendirian dalam upaya solidaritasnya; perwakilan dari sebagian besar negara Amerika Latin menandatangani pernyataan bersama menentang rencana aneksasi Israel.

Dokumen ini dirilis pada 2 Juli oleh lebih dari 320 tokoh publik. Diantaranya, mantan presiden, anggota parlemen, menteri, akademisi dan seniman. Mereka menyerukan kepada komunitas internasional untuk memberlakukan tindakan balasan yang efektif terhadap Israel, termasuk sanksi yang ditargetkan, mengakhiri hubungan dagang dan tindakan hukum.

Beberapa penandatangan adalah pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, Adolfo Pérez Esquivel (Argentina), mantan presiden Luiz Inácio Lula da Silva, Dilma Rousseff (Brasil), Pepe Mujica (Uruguay), Fernando Lugo (Paraguay), Rafael Correa (Ekuador) ) dan Ernesto Samper (Kolombia) dan Evo Morales (Bolivia). Di antara mereka juga ada mantan Menteri Luar Negeri Brasil, Celso Amorim.

Amorim berbicara pada 4 Juli di Global South Virtual Rally, yang diselenggarakan oleh gerakan Boikot Divestasi dan Sanksi (BDS). Dia berkata, “Saya merasa terhormat untuk menandatangani surat terbuka ini. Saya sepenuhnya mendukung langkah-langkah masing-masing negara; yang lain membutuhkan tindakan PBB. Seperti yang terjadi dengan apartheid [Afrika Selatan], Majelis Umum sepenuhnya berhak mengambil keputusan terkait yang direkomendasikan di dalamnya untuk mencegah aneksasi. ” (MeMo)


latestnews

View Full Version